9 Makanan yang Harus Dikonsumsi Pengidap Diabetes

25 March 2024 - 20:00 WIB
Alodokter

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Diabetes adalah penyakit kronis jangka panjang yang mempengaruhi bagaimana tubuh memproses makanan menjadi energi atau biasa disebut kelebihan gula pada tubuh.

Ketika seseorang mengidap diabetes, tubuh tidak memproduksi insulin dalam kadar yang cukup atau tidak bisa memanfaatkan insulin ini sebagaimana mestinya. Saat tidak cukup insulin atau sel tubuh berhenti memberikan respons terhadap insulin, akan menjadikan kadar gula darah yang mengendap di aliran darah terlalu tinggi.

Kondisi tersebut dapat diperparah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi. Jika terus dibiarkan, maka diabetes dapat menyebabkan komplikasi hingga merusak organ tubuh lainnya.

Berikut Makanan yang harus dikonsumsi oleh Penyandang Diabetes

Baca Juga: Polisi Siapkan Personel Pengamanan Saat Kunker Presiden di Banggai

1. Buah beri
Aneka buah beri, seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik adalah indikator yang menunjukkan seberapa cepat makanan berkarbohidrat menyebabkan kenaikan gula darah. Semakin tinggi angkanya, semakin cepat makanan tersebut membuat gula darah meningkat.

2. Alpukat
Alpukat juga termasuk makanan penurun gula darah. Buah ini memiliki kandungan lemak sehat dan mineral yang dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah, tak hanya itu, mengonsumsi alpukat disebut dapat meningkatkan sensitivitas sel tubuh terhadap efek hormon insulin.

3. Kacang-kacangan
Selain memiliki indeks glikemik rendah, kacang-kacangan juga memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi. Karenanya, kacang-kacangan cocok menjadi camilan bagi pengidap diabetes atau mereka yang sedang mengendalikan kadar gula darahnya.

Perlu diingat, jangan mengonsumsi kacang yang diolah dengan garam atau gula agar tidak malah menyebabkan kenaikan gula atau tekanan darah.

4. Brokoli
Brokoli bisa dibilang sebagai 'superfood' untuk pengidap diabetes. Brokoli mengandung senyawa bernama sulforaphane. Zat inilah yang diyakini dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Menariknya, brokoli juga dapat diolah menjadi panganan mirip nasi sehingga bisa dikonsumsi sebagai alternatif bagi pengidap diabetes.

5. Ubi jalar
Tak hanya memiliki indeks glikemik rendah, ubi jalar juga kaya akan serat, karbohidrat sehat, vitamin A, B6, C, serta mineral dan antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jadi, tidak heran jika ubi jalar menjadi salah satu makanan penurun gula darah yang direkomendasikan untuk pengidap diabetes.

6. Gandum utuh
Makanan penurun gula darah lainnya adalah gandum utuh (whole grains). Gandum utuh mengandung karbohidrat kompleks yang lama dicerna oleh tubuh. Hal ini dapat memperlambat proses penyerapan gula dari makanan, sehingga membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

7. Labu
Kandungan serat dan antioksidan pada labu membuat buah ini cocok dikonsumsi sebagai makanan penurun gula darah bagi pengidap diabetes. Bahkan, labu juga telah lama digunakan sebagai obat diabetes tradisional di banyak negara, seperti Iran dan Meksiko.

Labu juga mengandung karbohidrat bernama polisakarida, yang disebut memiliki potensi untuk mengatur kadar gula darah.

8. Telur
Kandungan protein tinggi pada telur dapat membuat seseorang merasa kenyang tanpa memengaruhi tingkat gula darah dalam tubuh, makanan ini turut berkontribusi dalam memperlambat proses penyerapan gula oleh tubuh.

9. Kale
Kale adalah sayuran penurun gula darah yang baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Ini karena kale mengandung serat dan antioksidan berupa flavonoid.


(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment