7 Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh

30 April 2023 - 10:01 WIB
Foto: Lifestyle.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Ketumbar adalah salah satu jenis rempah yang kerpa digunakan sebagai bahan masakan yang cukup populer di Indonesia dan Khasiatnya khasiatnya secara klinis dan tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, manfaat ketumbar sayang jika dilewatkan dan menarik untuk diketahui.

Manfaat yang didapatkan dari ketumbar tersebut berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Contohnya, seperti fosfor, kalsium, magnesium, kalium natrium, vitamin A, B, C, dan K. Sebagai anggota keluarga tanaman Apiaceae, ketumbar memiliki banyak kegunaan baik daun maupun bijinya.

Melansir dari Health Shot, berikut Manfaat Ketumbar bagi kesehatan tubuh:

Baca Juga:  Atlet Indonesia Veddriq Leonardo Raih Emas dan Pecahkan Rekor Panjat Tebing Dunia

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Salah satu manfaat ketumbar yang baik untuk tubuh adalah dapat mengontrol kadar gula darah. Dan juga jika mempunyai risiko diabetes, memasukkan ketumbar ke dalam diet dapat menjaga kadar gula tetap terkendali.

2. Melancarkan Pencernaan
Ketumbar mengandung banyak serat dan antioksidan. Hal tersebut bermanfaat untuk meningkatkan proses pencernaan, metabolisme, mengatasi kembung dan sembelit. Selain itu, ketumbar juga membuat perut terasa kenyang dan mencegah makan berlebihan sehingga usus Anda tetap sehat.

3. Mengelola Stres
Ketumbar memudahkan pencernaan dan menurunkan stres fisik dalam tubuh. Selain itu juga dapat meningkatkan mood dengan menjaga sistem pencernaan tetap bersih, sehat, dan mengurangi stres oksidatif.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dilansir dari Health Shots dijelaskan bahwa ketumbar dianggap diuretik, dan mengeluarkan natrium ekstra dari sistem dengan menurunkan tekanan darah. Selain itu, juga kaya akan antioksidan dan serat sehingga mengurangi risiko penyakit jantung,

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Ketumbar memiliki kandungan antioksidan Contohnya, terpinene, quercetin, dan tokoferol yang melawan kerusakan sel dan memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anda. Antioksidan juga dapat mengurangi peradangan dan memiliki efek anti kanker dan neuroprotektif.

6. Baik Untuk Kesehatan Mata
Ketumbar mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, dan karotenoid yang menjaga penglihatan Anda tetap utuh dan menunda gangguan degeneratif makula terkait usia penglihatan.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat ketumbar yang juga tak boleh dilewatkan yaitu mampu meningkatkan kesehatan tulang. Pasalnya, ketumbar memiliki mineral seperti kalsium, fosfor dan magnesium yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan melindungi dari nyeri sendi. 

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment