Wujudkan Pemilu Damai, Kapolda Jamin Keamanan di Wilayah Sumut

17 January 2024 - 11:30 WIB
Dok. Polda Sumut

Tribratanews.polri.go.id - Medan. Kapolda Sumut Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si., mengatakan bahwa mewujudkan pemilu damai tidak mudah dan tidak juga sulit.

"Kita ingin mewujudkan pemilu damai, jadi sesuatu yang seperti ini sederhana. Kami melihat bahwa mewujudkan pemilu damai bukan hal mudah, tapi juga bukan hal yang sulit," ungkap Kapolda saat acara #Demi Indonesia Cerdas Memilih di Medan, Selasa (16/1/24).

Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi mengatakan kunci mewujudkan pemilu damai itu ada pada penyelenggara, peserta pemilu dan pemilih. Jika ketiga pihak tersebut memiliki kecerdasan dan literasi yang baik, maka pemilu akan berjalan dengan damai.

Baca Juga: Kapolda Banten Ajak Jajaran untuk Lebih Dekat dengan Masyarakat

"Perlu kecerdasan kita semuanya, ada penyelenggara, peserta pemilu dan pemilih, tiga-tiganya adalah ekosistem dalam kegiatan pemilu," ungkap Kapolda.

Kapolda juga mengatakan pemilu di Sumut akan berjalan baik dan dipastikan tidak ada gangguan-gangguan yang terjadi selama proses penyelenggaraan pesta demokrasi itu.

"Kami lihat bahwa penguatan kepada penyelenggara itu sesuatu yang harus dilakukan, ini kegiatan harus ada panitianya. Kegiatan yang panitianya harus dipercaya oleh kita semua. Maka kita akan menguatkan ini, langkah-langkah Polda adalah memastikan bahwa panitia ini panitia terbaik yang dipilih untuk penyelengara," jelas Kapolda.

"Kita akan memprediksi hal-hal utama yang mesti kita lakukan adalah potensi-potensi seperti apa yang kita antisipasi. Saya ingin menyampaikan kepada publik bahwa pemilu damai harus kita laksanakan," tambah Kapolda.

(bg/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment