Wujudkan Kabupaten Pegunungan Bintang yang Damai, TNI-Polri dan Pemda Gelar Apel Bersama

17 January 2023 - 07:32 WIB
Foto: Dok Humas Polda Papua

Tribratanews.polri.go.id – Oksibil. Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Moh. Dafi Bastomi, S.H., S.I.K., M.I.K mengikuti kegiatan Apel Gabungan Pemerintah Daerah, ASN dan TNI-Polri dalam rangka menjaga situasi kamtibmas bersama , Memulai Aktivitas dan menjalankan Roda Pembangunan di Wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang, Senin (16/1/23).

Hadir dalam Kegiatan tersebut, Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang Sdr. Spey Yan Bidana, S.T.,M.Si., Pabung Kodim 1715/Yahukimo Mayor Arh Soni B.S. Simanjuntak, Kabag Ops Polres Pegunungan Bintang Kompol Septen Parlindungan Sianturi, S.H., Danramil 1715-01 Oksibil Kapten Dwi Wawan H., Asisten 1 Kab. Pegunungan Bintang Sdr. Nicolaus Urobmabin, para personel TNI-Polri, para Kepala OPD Kabupaten Pegunungan Bintang, ASN serta Kepala Distrik di Wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dalam pelaksanaannya Bupati Pegunungan Bintang memimpin langsung kegiatan Apel gabungan tersebut. Adapun dalam rahan yang disampaikan diawal, Bupati mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru 2023 kepada para ASN dan personel TNI-Polri.

“Kegiatan Apel gabungan ini untuk memulai kegiatan di tahun ini. Beberapa hari lalu ada kejadian gangguan keamanan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB), untuk itu hari ini kita bersama-sama bertemu disini dan menyatakan kepada masyarakat Pegunungan Bintang bahwa dalam bidang pelayanan Pemerintahan, Kesehatan, Pendidikan dan kegiatan ekonomi bisa berjalan seperti biasa,” jelas Bupati dalam arahannya, Senin (16/1/23).

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan kepada para tokoh harus menjaga dan melindungi wilayah ini agar roda pembangunan di Kabupaten Pegunungan Bintang tetap berjalan. Kemudian mengenai APBD, Kabupaten Pegunungan Bintang merupakan Kabupaten pertama di Papua Pegunungan yang telah mengajukan kepada provinsi. Dengan begitu,  harapannya bisa turun suratnya sehingga nantinya dapat menjalankan roda pembangunan.

Kemudian Bupati turut berpesan agar bersama-sama menjaga sitkamtibmas dan tidak menyebar isu atau hoax, karena hal tersebut dapat menyebabkan masyarakat menjadi takut datang ke Oksibil.

Baca juga: Polri Turunkan Satgas Ops Damai Cartenz Redamkan Aksi KKB di Oksibil

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Pegunungan Bintang mengatakan, “Kita dari TNI-Polri dan Pemda siap mengamankan Pegunungan Bintang tetapi kami meminta dukungan dari semua pihak, dan kepada para tokoh agar berperan aktif dan menyampaikan kepada masyakaratnya untuk saling menjaga situasi kamtibmas di wilayahnya tetap aman dan kondusif. Aktivitas perkantoran dan lain-lain harapannya berjalan, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan.”

Kapolres berharap agar Pemerintah Daerah dan aparat TNI-Polri selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan contoh kebersamaan dan melayani masyarakat.

Sementara itu Mayor Arh Soni B. S. Simanjuntak selaku Pabung Kodim 1715/Yahukimo menyampaikan, ”Dalam bingkai NKRI, Negara tidak boleh kalah dengan gerombolan dan bersama-sama menjaga keamanan agar tetap kondusif. Tidak ada yang mendukung pergerakan mereka (KKB) walaupun satu tetes air karena bila ada yang mendukung berarti mendukung kegiatan gerombolan yang mengacaukan keamanan, masyarakat, ekonomi dan anak-anak muda kita.”

(jo/hn/um)


Share this post

Sign in to leave a comment