TNI-Polri Disiagakan Cegah dan Atasi Karhutla di Kalbar

3 August 2023 - 13:00 WIB
Foto: Dok. Antara

Tribratanews.polri.go.id - Kalimantan Barat. Personel TNI dan Polri di wilayah Kalimantan Barat disiagakan dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Mereka disiapkan untuk melakukan pencegahan dan menanggulangi karhutla hingga tingkat desa.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat Irjen. Pol. Pipit Rismanto mengatakan, yang perlu dilakukan dalam penanggulangan karhutla adalah sinergisitas dan pencegahan. Menurut Kapolda, deteksi dini pencegahan karhutla serta memberikan pemahaman kepala masyarakat dan semua pihak sangat perlu dilakukan.

Baca Juga:  Pesan Wapres Usai Panji Gumilang Ditetapkan Tersangka

"Saat ini kami sedang bersama-sama menurunkan tim dari pusat juga melakukan backup Kalimantan Barat untuk melakukan mitigasi lahan gambut kemudian melakukan pemetaan dalam rangka mempersiapkan langkah-langkah strategis," ungkapnya dikutip dari Antara, Kamis (3/8/23).

Selain itu, ujar Kapolda, jajaran Polda Kalbar juga telah menyiapkan sarana dan melakukan pemetaan kembali lokasi atau titik-titik rawan terjadi karhutla. Oleh sebab itu, dilakukan monitoring hotspot dan segera memadamkan api.

"Kami selalu siap berkolaborasi dan sinergis untuk penanggulangan karhutla di Kalimantan Barat," jelasnya.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment