Situasi Kembali Kondusif, Kapolres Paniai dan Pj Bupati Kawal Masyarakat Kembali ke Kampung

25 June 2024 - 21:19 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Paniai, 25 Juni 2024 – Kapolres Paniai AKBP Abdus Syukur Felani, S.I.K., bersama Pj Bupati Dr. Martha Pigome, SH. M.Hum, dan Forkopimda Paniai melakukan pengawalan dan pengantaran masyarakat ke kampung mereka setelah adanya gangguan keamanan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Intan Jaya yang dipimpin oleh Undius Kogoya di wilayah Paniai.

Kapolres Paniai dalam keterangannya menegaskan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Paniai telah kembali aman dan normal. "Masyarakat sudah bisa kembali ke rumah masing-masing dengan bantuan pengawalan dari pihak kepolisian," ujar Kapolres Paniai pada Selasa, 25 Juni 2024.

Ia juga menambahkan bahwa dirinya hadir langsung untuk memastikan proses pengawalan berjalan lancar, terutama bagi masyarakat yang sebelumnya mengamankan diri di Gereja Katolik Paroki Salib Suci Madi.

Baca Juga: Irjen Pol. Yan Fitri Halimansyah Pimpin Upacara Tabur Bunga di Laut Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78

Pj Bupati Paniai, Dr. Martha Pigome, SH. M.Hum, mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Paniai yang telah hadir dan memberikan rasa aman kepada masyarakat. "Kami Pemerintah Daerah mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Kapolres Paniai yang sudah hadir dan mengantar masyarakat serta memberikan rasa aman kepada masyarakat yang ada di Kampung Odiyai, Kampung Bibida, Kampung Ugidimi, Kampung Kuisiga, Kampung Kugapa, Kampung Kolaitaga, dan Kampung Dama-Dama Distrik Bibida. Sehingga masyarakat dapat kembali ke kampung dalam keadaan aman dan baik," ucap Pj Bupati Paniai.

Kapolres Paniai juga menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan enam unit kendaraan untuk digunakan masyarakat dalam proses pengawalan tersebut. "Kami bersama Pj Bupati Paniai, Sekda Paniai, Forkopimda setempat, PJU Polres Paniai, personil Polres Paniai, personil Satgas Operasi Damai Cartenz, serta Brimob Yon C BKO Polres Paniai ikut dalam proses pengawalan dan mengantar langsung masyarakat yang mengamankan diri ke Gereja Katolik Paroki Salib Suci Madi untuk kembali ke kampung halamannya," tambah Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres menyatakan bahwa pengawalan dilakukan dalam tiga tahap untuk memastikan semua berjalan aman, lancar, dan selamat sampai di tempat tujuan.

Kepala Distrik Bibida, Yoriz Zonggonau, S.I.P., menyampaikan rasa terima kasihnya yang mendalam. "Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Kapolres Paniai dan jajarannya yang telah mengantar masyarakat kami untuk kembali ke kampung halamannya masing-masing," ungkap Yoriz Zonggonau dengan haru.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh salah satu warga Kampung Ugidimi yang merasa terbantu dan terjaga keamanannya oleh pihak kepolisian dan pemerintah daerah. "Sekali lagi, banyak terima kasih Bapak Kapolres Paniai atas perhatian dan bantuan luar biasa yang telah diberikan," tuturnya.

Kegiatan pengawalan dan pengantaran ini menunjukkan komitmen Polri dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Paniai, serta memastikan bahwa mereka bisa kembali ke kampung halaman dengan selamat.

(ta/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment