Satgas Damai Cartenz Pastikan Penyelamatan Pilot Susi Air Terus Dilakukan

25 January 2024 - 21:00 WIB
Dokumentasi Ops Damai Cartenz

Tribratanews.polri.go.id - Papua. Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat Ops Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno menerangkan bahwa Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens dijaga ketat pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Egianus Kogoya.

“Pilot masih belum bisa kita selamatkan, karena posisi dijaga ketat Egianus Kogoya,” ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (25/1/24).

Menurutnya, selama ini komunikasi dengan Egianus Kogoya cs hanya bisa dilakukan melalui Pejabat (Pj) Bupati Nduga Edison Gwijangge sebagai negosiator pembebasan. Dari komunikasi terakhir, kondisi Kapten Philip puj masih sehat.

Baca Juga: Tingkatkan Kesiapan, Operasi Damai Cartenz-2024 Gelar Gladi Posko

“Melibatkan (Satgas Damai Cartenz), kami di belakang untuk gakkum-nya. Karena Egianus Kogoya hanya percaya ke Pj Bupati karena ada hubungan keluarga,” ungkapnya.

Meski demikian, ujar Kasatgaa Humaa, Pj. Bupati sempat mendapatkan serangan KKB. Beberapa kali penerbangan yang dilakukan, ungkap Kasatgas Humas, kerap diwarnai penembakan.

“Kami mengedepankan upaya soft approach terlebih dahulu yaitu melalui negosiasi dan lain-lain. Apabila upaya itu gagal, maka kami akan lakukan upaya hard approach. Namun, harus benar -benar diperhitungkan dengan baik agar tidak jatuh korban dari Sandera maupun dari masyarakat sipil lainnya,” jelasnya.

(ay/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment