Saat Gunakan Layanan Bus, Menhub Imbau Cek Aplikasi MitraDarat

16 June 2024 - 08:45 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Dr. Ir. Budi Karya Sumadi, meminta pihak sekolah untuk tetap mengecek aplikasi MitraDarat saat menggunakan layanan bus pariwisata. Terutama, saat libur panjang Iduladha dan libur anak sekolah. 

Dalam kesempatannya ia mengimbau kepada para guru dan pimpinan rombongan untuk cek Aplikasi MitraData saat menggunakan bus pariwisata. Pasalnya, diaplikasi itu tercantum bus-bus yang layak digunakan.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 4,0 Guncang Kabupaten Malang

Selain itu, Menhub mengimbau sekolah untuk tidak mengabaikan kondisi fisik bus, 'ramp check' dan kapabilitas sopir. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kecelakaan lalu lintas di jalan umum. 

“Hal yang utama adalah mengecek penggunaan bus yang memang sudah dilakukan 'ramp check" dan secara fisik juga baik. Kemudian penting juga pengemudinya bukan sopir tembak, dia (sopir tembak) tidak mengenali medan, sehingga dapat menimbulkan kecelakaan," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Sabtu (15/6/24).

Sebagai informasi, diketahui bahwa sebelumnya pihaknya sempat melakukan Sidak bus pariwisata di wisata Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan. Dalam Sidak tersebut, pihaknya menemukan bus pariwisata yang tidak memiliki surat-surat lengkap seperti STNK dan uji KIR. 

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment