Polisi Kerahkan Sebanyak 1.600 Personil Amankan Akasi Bela Palestina

9 June 2024 - 16:32 WIB
Antarafoto

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Polisi siagakan sebanyak 1.597 personel guna mengamankan Aksi Bela Palestina di sekitar Patung Arjuna Wijaya, persimpangan Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat sekitar pukul 15.00 WIB, Minggu (9/6/24).

"Hampir 1.600 personel, tetany 1.597 petugas," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol. Susatyo P. Condro, S.H., S.I.K., M.Si.

Kombes Pol. Susatyo P. Condro mengatakan adapun rekayasa lalu lintas bersifat situasional tergantung kondisi jumlah massa di lapangan.

Kombes Pol. Susatyo P. Condro juga menegaskan, apabila massa meningkat, maka polisi akan menutup Jalan Merdeka Barat dan melakukan pengalihan arus lalu lintas.

"Maka kami imbau untuk masyarakat yang akan melintas di sekitar Monas agar mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat di Patung Kuda," ujarnya.

Oleh karena itu, Kombes Pol. Susatyo P. Condro mengimbau para peserta aksi agar memperhatikan hak masyarakat lainnya.

Lalu, pada para personel yang bertugas melakukan pengamanan, Kapolres Metro Jakarta Pusat juga mengingatkan agar selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negosiasi, pelayanan serta humanis.

"Tidak ada yang membawa senjata api. Layani saudara kita yang akan menyampaikan pendapatnya dengan tulus, ikhlas dan humanis," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat ikut mendoakan agar konflik Israel Palestina segera usai dan perdamaian dunia tercipta.

Diketahui bahwa aksi tersebut bertema "Bermilyar Dukungan Untuk Gaza dan Palestina" oleh Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARIBP).

(ri/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment