Polres Jayapura Kerahkan 1.500 Personel Kawal Pemakaman Mantan Gubernur Papua

28 December 2023 - 10:28 WIB
Dok. Polres Jayapura

Tribratanews.polri.go.id - Jayapura. Polresta Jayapura menerjunkan 1.500 personel untuk mengamankan prosesi pemakaman eks Gubernur Papua Lukas Enembe.

Kapolresta Jayapura Kombes. Pol. Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si menerangkan, jenazah almarhum tiba pukul 09.00 WIT. Kemudian, akan di semayamkan di daerah Stakin Sentani dan dimakamkan di Koya Tengah Distrik Muara Tami hari ini.

"Dari sana jenazah Almarhum akan di bawa ke Koya Tengah di kediamannya, yang mana kami juga akan melakukan pengamanan agar prosesi dapat berjalan dengan khidmat, baik dan juga tertib," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (28/12/23).

Baca Juga: Polda Jambi Raih Dua Penghargaan Dari Kapolri

Kapolres menuturkan, pengawalan dan pengamanan akan dilakukan sepanjang jalur menuju ke Koya Tengah demi prosesi berjalan dengan baik. Pihaknya juga terus membangun komunikasi dengan instansi terkait, karena nanti sistem pengamanan akan berubah tergantung dari pada situasi kondisi rangkaian tahapan kegiatan prosesi pemakaman tersebut.

Kapolresta menambahkan, pihaknya membutuhkan dukungan dan peran serta dari para tokoh yang ada di papua tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat untuk bisa mengajak masyarakat menyampaikan bela sungkawa secara tertib. Sehingga, tidak menghentikan segala aktivitas untuk menghormati jasa Almarhum.

"Kita berharap tidak ada penumpukan di sepanjang jalan dengan waktu yang cukup lama, jadi kami menghimbau kepada warga masyarakat agar aktivitas juga bisa dihentikan sementara untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Almarhum," jelasnya.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment