Polisi Siapkan Rekayasa Lalin di Sejumlah Jalan pada Masa Libur Nyepi

22 March 2023 - 11:00 WIB
antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Korlantas Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan dalam libur cuti bersama Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 hari ini Rabu (22/3/23) dan besok Kamis (23/3/23).

“Rekayasa lalin itu berupa contraflow dan satu arah atau one way. Tetapi, penerapannya menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Sudah kami siap sesuai situasi yang berkembang," jelas Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Drs. Aan Suhanan, M.Si., dilansir dari laman pmjnews, Selasa (21/3/23).

Baca juga : Polisi Larang Masyarakat Berkonvoi Saat Ramadan di Jakarta

Dirgakkum mengatakan adapun rekayasa lalin berdasarkan situasi ini disiapkan di sejumlah ruas jalan seperti Tol Jakarta-Cikampek (Japek), jalan arteri, maupun jalur wisata. Masing-masing ruas jalan diberlakukan rekayasa lalin yang disesuaikan.

"Di Tol Japek disiapkan contraflow. Sementara, di jalur wisata bisa one way sesuai dengan penilaian situasi di lapangan," ungkap Brigjen. Pol. Aan Suhanan.

Menurut Brigjen. Pol. Aan Suhanan, pihaknya sudah memberikan arahan kepada seluruh Satlantas di wilayah untuk berupaya memberikan kenyamanan dan kelancaran lalu lintas kepada masyarakat yang akan mengisi liburan cuti bersama Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka.

Dirgakkum menambahkan, masyarakat memanfaatkan momen liburan tersebut untuk berkumpul bersama keluarga, terlebih bertepatan juga dengan masuknya bulan puasa. Sedangkan, tradisi masyarakat menjelang Ramadhan, akan melakukan persiapan dengan membeli sejumlah perlengkapan hidangan saat bulan puasa. Antara lain, berbelanja di pasar, dan pusat perbelanjaan modern.

(bg/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment