Polisi Kerahkan 307 Personel untuk Pengamanan Perayaan Paskah Nasional di Manokwari

4 May 2023 - 09:45 WIB
Foto: Antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Manokwari. Kepolisian Daerah Papua Barat (Polda Pabar) mengerahkan 307 personel untuk mengamankan rangkaian perayaan Paskah Nasional tahun 2023 di Kabupaten Manokwari selama tiga hari yaitu 4-6 Mei 2023.

Kabid Humas Polda Pabar, Kombes. Pol. Adam Erwindi, S.I.K., M.H., mengatakan pengamanan dilakukan mulai dari Bandara Rendani Manokwari, lokasi kegiatan yaitu Lapangan Sanggeng, hingga sejumlah jalur transportasi.

Kombes. Pol. Adam Erwindi menjelaskan bahwa pengamanan tersebut telah menjadi atensi dari Kapolda Papua Barat, Irjen. Pol. Drs. Daniel Tahi Monang Silitonga, SH. Selain itu, Polda Papua Barat juga berkolaborasi dengan Kodam XVIII/Kasuari untuk menyiapkan satu tim paduan suara pada perayaan Paskah Nasional 2023 tersebut.

Baca Juga:  Ketua Komite TPPU Jabarkan Struktur Satgas Supervisi

"Kapolda sangat mengapresiasi kegiatan ini, sehingga ada tim paduan suara dari TNI/Polri," jelasnya, seperti dilansir Antaranews, Rabu (3/5/23).

Ia menegaskan bahwa perayaan Paskah Nasional 2023 merupakan pertama kali yang digelar di seluruh Tanah Papua. Oleh sebab itu, kepolisian mengimbau kepada semua elemen masyarakat tanpa terkecuali untuk turut menjaga kondisi kamtibmas yang kondusif.

Saat ini, Polda terus berkoordinasi dengan Kodam XVIII/Kasuari beserta jajarannya agar pengamanan lebih dimaksimalkan.

Menurut data kepolisian, penyelenggaraan kegiatan keagamaan di seluruh wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya selama ini berlangsung tanpa adanya gangguan. Kondisi itu mencerminkan komponen masyarakat sangat menghargai perbedaan suku, agama, ras, antargolongan serta menjunjung tinggi nilai toleransi antarumat beragama.

Kombes. Pol. Adam Erwindi optimistis perayaan Paskah Nasional 2023 di Kabupaten Manokwari berlangsung tanpa hambatan berkat partisipasi semua umat beragama. Ia juga menekankan wujud toleransi beragama telah diaplikasikan oleh Polda Papua Barat melalui pelibatan personel nonkristen pada pengamanan Paskah Nasional.

(fa/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment