Polisi Bantu Padamkan Enam Hektar Lahan di Tanjung Kemala Pugung Tanggamus yang Terbakar

23 September 2023 - 18:30 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Tanggamus. Kebakaran lahan belukar terjadi di Dusun Gunung Batu, Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, Jumat (22/9/23), sekitar pukul 09.30 WIB.

lokasi kejadian merupakan lahan milik PT. Pola Marmer Kencana yang dimiliki oleh Sumarno warga Bandar Lampung yang awalnya diketahui Sri Hastuti yang melihat adanya titik api di bagian bawah lokasi tersebut. Luas lahan tersebut diperkirakan sekitar 6 hektar lebih.

Api kemudian dengan cepat menjalar ke bagian lain dari lahan tersebut, sehingga warga segera melakukan upaya pemadaman awal dengan membatasi api dan menggunakan alat-alat yang ada.

Baca Juga:  Polda Kalsel Selidik 22 Kasus Karhutla

Kemudian Pihak kepolisian datang bersama dengan pihak Kecamatan, warga, perangkat pekon, dan Petugas Damkar Kabupaten Tanggamus juga turut serta dalam upaya pemadaman kebakaran ini.

Beberapa langkah yang telah dilakukan dalam menangani kebakaran ini antara lain adalah melakukan pengecekan di Tempat Kejadian Perkara, bersama-sama memadamkan api dan menghentikan jalur penyebaran api, serta menghubungi Petugas Damkar.

Secara geografis, lokasi ini terletak di wilayah pegunungan. Saat kebakaran terjadi, kondisi lokasi masih berupa belukar, dan cuaca angin saat itu cukup kencang sehingga menyebabkan api dengan mudah dan cepat menjalar serta membesar.

Saat ini, petugas telah standby di lokasi dan sedang melakukan langkah-langkah pencegahan dan pemadaman, mengingat api saat ini sedang menjalar ke bagian atas lokasi kejadian.

(rd/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment