Polisi Ajak Masyarakat Cegah Karhutla di Wilayah Hulu Sungai Selatan

4 July 2023 - 10:15 WIB
Foto: CNBC

Tribratanews.polri.go.id - Kandangan. Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Hulu Sungai Selatan (HSS), AKBP Leo Martin Pasaribu, mengimbau masyarakat di Bumi Rakat Mufakat berpartisipasi dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Kepada seluruh masyarakat HSS, saya ingin mengimbau terkait bahaya karhutla, khususnya ancaman karhutla manakala terjadi kemarau," ujarnya, seperti dilansir Antaranews, Senin (3/7/23).   

AKBP Leo Martin Pasaribu mengajak agar bersama-sama mencegah karhutla di wilayah masing-masing, dan jangan sekali-kali melakukan pembakaran hutan dan lahan, apabila melihat adanya karhutla segera dilaporkan kepada posko-posko karhutla terdekat.

Baca Juga:  Polisi Tahan Suami Pelaku yang Tega Bakar Istri dan Anak di Jaktim

Selanjutnya ia mengungkapkan untuk warga yang sering membuang puntung rokok sembarangan, agar tidak lagi mengulanginya karena bisa menyebabkan karhutla secara tidak sengaja.

Selain itu, warga agar menghindari membuka lahan untuk perkebunan dan pertanian dengan cara membakar, serta lebih menggunakan cara yang lebih aman dan bijak terhadap lingkungan.

AKBP Leo Martin Pasaribu mengingatkan bahwa membuka lahan dengan membakar menjadi sangat rawan dan rentan memicu karhutla apalagi di musim kemarau, pelaku  karhutla pun bisa dikenakan pidana, di samping karena sampai bulan November 2023 telah ditetapkan status siaga karhutla.

(fa/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment