Polda Sumsel Gelar Simulasi Sistem Dalam Rangka Persiapan Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024

17 October 2023 - 11:45 WIB
Foto: Humas Polri

Tribratanews.polri.go.id - Sumatera Selatan. Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Palembang dalam rangka Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024 sebagai bentuk kesiapan personel dalam pengamanan Pemilu 2024. Kegiatan ini melibatkan seluruh kekuatan personel Polri, TNI, dan pemerintah daerah.

Terkait hal tersebut Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol. Drs. Supriadi, M.M., menjelaskan bahwa simulasi Sispamkota dilaksanakan pada 16 Oktober 2023 di Lapangan Shooting Range Komplek JSC Palembang. Tujuan dari simulasi ini adalah untuk memaksimalkan persiapan personel pengamanan untuk Pemilu serentak 2024.

Ia juga menjelaskan bahwa simulasi Sispamkota ini adalah sebuah rangkaian dari latihan Pra Operasi Mantap Brata Musi yang mengikut sertakan ratusan personel gabungan dari Polda Sumsel, TNI, dan unsur pemerintah terkait terlibat dalam latihan ini di Shooting Range Komplek JSC Palembang.

Baca Juga:  Kapolda Papua Perintahkan Tim Cyber Aktif Mengawasi Media Sosial Menjelang Pemilu

Hal ini bertujuan agar personil pelaksana keamanan memahami tugas dan fungsinya saat berada di lapangan. Hal ini juga menjadi kunci untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bersama dalam menyambut pesta Demokrasi Pemilu 2024.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan penekanan dan koreksi oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo, S.I.K., Karo Ops Polda Sumsel Kombes Pol. Reeza Herasbudi, S.I.K., M.M., Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol. Ulung Sampurna Jaya, S.I.K., M.H., M.Si., serta Wakapolda Sumsel Brigjen Pol. M. Zulkarnain, S.I.K., M.Si., tentang tindakan Kepolisian dalam mengatasi unjuk rasa, mulai dari negosiasi hingga penggunaan kendaraan Water Canon.

Terkait kegiatan ini, ia juga menjelaskan bahwa terlihat para personel yang ikut Simulasi ini sangat antusias sebagai abdi negara. Bukan hanya itu, kegiatan ini juga di hadiri oleh penjabat pemerintahan, PJ Gubernur Sumsel Dr. Agus Fatoni MSI, PJU Polda Sumsel, unsur TNI, stakeholder, serta Forkopimda Provinsi Sumsel dan Kota Palembang.

(ri/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment