Polda Metro Jaya Pastikan Situasi Malam Takbiran Berjalan Aman di Jakarta

9 April 2024 - 23:09 WIB
ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Polda Metro Jaya pastikan takbitan di wilayah Jakarta dan sekitarnya dalam kondisi aman, Selasa (9/4/24).

"Alhamdulillah aman ya, rekan-rekan sudah liat dari PMJ sudah melakukan patroli di Pospam Kota Tua dan sekarang di Pospam HI," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. H. Ade Ary Syam Indradi, S.I.K.,S.H., M.H.Kabid Humas Polda Metro Jaya juga mengatakan bahwa dari hasil pemantauan, belum ditemukan ada masyarakat yang melakukan takbir keliling hingga saat ini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya juga menambahkan bahwa, sejak awal Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Karyoto, S.I.K., juga telah mengimbau warga Jakarta dan sekitarnya untuk tak melakukan takbir keliling."Tidak ada, teman-teman Kapolres di seluruh jajaran juga sudah mengimbau dan Kapolsek juga sudah patroli," ujar Kombes Pol. H. Ade Ary Syam Indradi.

Untuk diketahui bahwa, sebelumnya sebanyak 1.500 personel dikerahkan untuk mengamankan kegiatan malam takbiran di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga: Pemuda Non-Muslim Lakukan Pengawalan Pawai Malam Takbiran di Kota Kupang

Kombes Pol. H. Ade Ary Syam Indradi menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan titik-titik penyekatan untuk memutarbalikkan masyarakat yang nekat melakukan takbir keliling.

"Seperti di Kalimalang kita siapkan pos untuk melakukan pemutarbalikkan. Di Lenteng Agung juga kita lakukan pemutarbalikkan. Nanti di Daan Mogot, Kalideres kita juga lakukan pemutarbalikan," ungkap Kombes Pol. H. Ade Ary Syam Indradi.

"Dan juga titik-titik dalam kota, seperti jelas, Tomang, Slipi, Semanggi, Kuningan, Pancoran, khususnya jalur Gatot Subroto sampai dengan Cawang. Begitu juga jalur bandung-bandung dari Fatmawati sampai dengan kota tua, kita juga lakukan penjagaan-penjagaan," jelas Kombes Pol. H. Ade Ary Syam Indradi.

Sementara itu, kegiatan pawai obor keliling yang dilakukan dengan berjalan kaki tidak dilarang. Bahkan akan dilakukan pengawalan.

"Ya kalau pawai obor jalan kaki ya harus malah kita jaga betul. Kan mereka pasti kalau pawai obor kan ini jalan kaki, malah harus kita jaga, kita kawal, kita amankan kalau hanya jalan kaki," tutup Kombes Pol. H. Ade Ary Syam Indradi.

(ri/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment