Polda Metro Jaya Imbau Pemudik Atur Waktu Saat Arus Balik Mudik

11 April 2024 - 12:00 WIB
okezone

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Ditlantas Polda Metro Jaya mengimbau agar para pemudik mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta dan sekitarnya. Diprediksi jika arus balik terjadi tanggal 13-16 April 2024 dengan kapasitas 250 ribu tetap akan membeludak.

Dalam keterangannya, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Latif Usman, S.I.K., M.Hum., mengatakan, pergerakan kendaraan pada saat arus mudik lebaran 2024 sekitar 1,035.000 kendaraan yang keluar dari wilayah Jabodetabek.

"Kita sudah mempersiapkan untuk arus balik, karena kita telah meminta data sebanyak 1 juta kendaraan yaang akan masuk ke Jakarta dalam waktu tanggal, 13 April, 14 April, 15 April, 16 April. Mudah-mudahan 4 hari ini dibagi gitu," ujarnya, dilansir dari laman okezone, Rabu (10/4/24).

Selanjutnya ia menambahkan kalau pun 1 hari itu 250 ribu, itupun sudah cukup tinggi. Oleh sebab itu ia mengharapkan masyarakat yang kembali ke Jakarta mempersiapkan. Betul siap kondisi badannya dan siap operasional di jalan, jangan sampai kehabisan bensin, dan kendaraannya tidak siap.

Kombes. Pol. Latif Usman, menyampaikan, pihaknya akan mengantisipasi penumpukan kendaraan pada saat arus balik. Setidaknya ada tiga titik krusial yang harus mendapat perhatian khusus diantaranya Simpang Susun Cikunir yang menuju ke Pondok Indah maupun Tanjung Priok dan menuju ke Halim.

Baca Juga: Personel Polda Sulbar Gelar Patroli Pengamanan Rumah Kosong Selama Masa Mudik

"Nah tiga tempat ini adalah tempat krusial buat titik masuknya Jakarta yang kita perhatikan betul-betul," ujarnya.

Ia mengungkapkan masyarakat yang pulang ke arah Bogor, Depok, Cibubur diimbau tak melewati ke Cikunir. "Karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan," ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa masyarakat sebaiknya memanfaatkan tol fungsional yaitu tol dari Cibitung menuju ke Cimanggis. Nah tapi kita sudah mempunyai tol Fungsional, tol dari cibitung menuju ke Cimanggis.

"Ini akan dibuka seperti kemarin, bagi yang mudik itu sekitar 4 ribu yang sudah melewati jalur tersebut. Nah tol fungsional khususnya dari Cibitung sampai Cimanggis dibuka dari jam 6 pagi sampai jam 17 saja. jadi yang siang hari pulang bisa memanfaatkan itu," jelasnya.

Mantan Dirlantas Polda Jatim ini mengatakan yang akan mengarah ke Jakarta Barat dan Tangerang. Pemudik diimbau tidak memaksakan lewat jalur tengah yaitu lewat Halim pasti akan terjadi antrean.

"Silahkan untuk tidak memaksakan harus masuk dalam kota tapi lewat Cibitung langsung dengan semper yaitu Tanjung Priok akan lebih mudah, sehingga tidak akan terjadi penumpukan," jelasnya.

Diakhir kesempatan ia menekankan kepada jajaran untuk mempersiapkan betul jalur-jalur kepulangan pemudik sehingga arus balik menuju ke Jakarta tidak terjadi penumpukan. "Kita akan pecah dari awal sehingga masuk ke Jakarta juga akan terpecah dan akan lebih nyaman," tutupnya.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment