Polda Maluku Terjunkan 4.923 Personel Gabungan, Amankan Mudik Lebaran 2023

18 April 2023 - 14:00 WIB
Foto: DinamikaMaluku.com

Tribratanews.polri.go.id - Maluku. Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menerjunkan sebanyak 4.923 personel gabungan dalam Operasi Ketupat Salawaku 2023 untuk mengamankan perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah di Provinsi Maluku. Operasi Ketupat Salawaku dilaksanakan melalui apel gelar pasukan di Lapangan Polda Maluku Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Senin (17/4/23).

Kapolda Maluku, Irjen. Pol. Drs. H. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., menjelaskan, pelaksanaan operasi ketupat disesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing. Karakteristik wilayah Maluku adalah kepulauan, sehingga yang menjadi konsen dan fokus pengamanan yakni pada pelabuhan dan alat-alat angkut lainnya baik udara maupun kapal.

Baca Juga:  Pesan Kapolda NTB saat Safari Ramadan di Lombok Timur: Pentingnya Merawat dan Memaknai Keberagaman

"Kami dilibatkan sebanyak 4.923 personel gabungan, yang terdiri dari 3.889 dari Polri, TNI 589 dan 445 personel dari instansi terkait," jelas Kapolda, di Ambon.

Selain pengerahan ribuan personel untuk mengamankan Lebaran Idul Fitri, Polda Maluku juga menyiapkan Pos PAM sebanyak 48 unit, Pos Pelayanan 22 dan Pos Terpadu 10 unit. Puluhan Pos tersebut tersebar di seluruh jajaran Polda Maluku.

“Khususnya pemudik di wilayah Maluku, diimbau untuk menjaga keselamatan diri masing-masing. Ikuti semua petunjuk dan SOP dari petugas yang telah ditetapkan. Kami berharap semua penanggung jawab, baik itu angkutan darat, laut dan udara dapat menyiapkan akomodasinya dengan baik,” tutupnya.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment