Polda Lampung Bentuk Kompi Khusus Tangani Konflik Sosial dan Tanggulangi Kejahatan

22 March 2022 - 16:07 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Bandar Lampung. Jajaran Polda Lampung mengukuhkan pasukan respons cepat Power on Hand dari Satuan Brigade Mobil (Brimob). Pasukan ini akan difungsikan guna menanggulangi konflik sosial di Provinsi Lampung.

Kapolda Lampung, Irjen Pol. Hendro Sugiatno menjelaskan pasukan atau kompi ini merupakan spesialis dalam menanggulangi masalah yang ada di Provinsi Lampung. Selain itu, sebanyak tiga kompi disiapkan dengan jumlah sebanyak 135 personel.

"Pembentukan Kompi Reaksi Cepat Power on Hand ini untuk menanggulangi kejahatan atau konflik sosial yang perlu ditangani secara cepat oleh Brimob," terang Irjen Pol. Hendro Sugiatno, Senin, (21/03/22).

Kapolda Lampung mengatakan pasukan tersebut telah diberi beberapa pelatihan kemampuan yang dimiliki personel Brimob, seperti anti-anarkistis, penanggulangan terorisme, dan penjinakan bom serta pertempuran baik di hutan maupun di kota.

"Pasukan ini pun tak hanya menanggulangi permasalahan yang ada di Lampung, tetapi juga memberikan rasa aman terhadap pendatang seperti yang akan berwisata, berinvestasi, dan lainnya," tutur Jenderal Bintang Dua.

Sementara itu, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Lampung, Kombes Pol. Wahyu Widiarso Suprapto menuturkan beberapa tugas dari Pasukan Reaksi Cepat Power On Satbrimob Polda Lampung.
"Pasukan ini bersiap untuk menghadapi konflik sosial/rusuh massa pada tataran aksi kekerasan kolektif dan yang sudah bukan lagi pada tahap unjuk rasa damai," jelas Kombes Pol. Wahyu Widiarso Suprapto.

Komandan Satuan Brimob Polda Lampung menuturkan jika adanya gangguan keamanan oleh kelompok bersenjata, penyelamatan pejabat negara selain presiden dan wakil presiden, serta pencarian dan penyelamatan pada situasi kontinjensi yang berdampak masif.

Share this post

Sign in to leave a comment