Polda Jateng Cek Keamanan Jalur dan Peta Kerawanan Lalulintas Menjelang Mudik

20 March 2024 - 13:00 WIB
Humas Polda Jateng

Tribratanews.polri.go.id - Brebes. Karoops Polda Jateng Kombes Pol Basya Radyananda bersama Dirlantas Jateng Kombes Pol Sonny Irawan dan sejumlah pejabat Utama Polda Jateng melakukan kunjungan di Brebes dalam rangka pengecekan jalur kesiapan pengamanan Mudik lebaran tahun 2024, Selasa (19/3/2024).

Dalam keterangannya, Dirlantas Polda Jateng Kombes. Pol. Sonny Irawan, S.I.K., M.H., mengatakan bahwa pengecekan tersebut dilakukan untuk mengetahui jalur-jalur yang akan digunakan saat mudik tahun 2024. Pengecekan juga dilakukan terhadap sejumlah trouble spot yang memiliki tingkat kepadatan dan kemacetan lalu lintas yang tinggi saat arus mudik berlangsung.

Dirlantas menyebut, untuk di wilayah Kabupaten Brebes diprediksi titik troble spot berada di jalur exit tol Pejagan sampai dengan perbatasan Slawi di fly over Klonengan. Dirlantas menyebut salah satunya yakni, di pertigaan Dermoleng Ketanggungan.

Baca Juga: Punya Waktu 7 Bulan, Wapres Minta Jajaran Genjot Penurunan Stunting

"Di Dermoleng titik kepadatan atau trouble spot terjadi karena adanya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU). Kemudian trouble spot selanjutnya berada di Flyover Klonengan. Di titik ini kepadatan terjadi karena adanya pertemuan arus dari Purwokerto, Slawi dan Pejagan,” ungkap Dirlantas Polda Jateng.

Dengan hasil pengecekan ini dapat dijadikan panduan untuk menentukan berapa personil yang diturunkan dan rekayasa lalulintas apa yang harus dipersiapkan serta infrastruktur apa yang harus dimaksimalkan

“Terkait jalan, kami sudah berkirim surat ke BPPJN (Balai Pusat Pelaksanaan Nasional). Sedangkan terkait rambu-rambu juga kita sudah berkirim surat ke Dinas Perhubungan dan Dinas PUPR provinsi untuk segera melakukan penerangan lampu,” ujarnya.

Koordinasi dengan BPPJN juga dilakukan terkait semua jalan di jalur arteri Pantura. Apabila ada kerusakan bisa segera diperbaiki. Diharapkan, 1 April sudah selesai semua.

(rz/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment