Polda Gorontalo Apel Konsolidasi Satpam untuk Tingkatkan Situasi Harkamtibmas di sektor Perbankan

28 November 2023 - 15:00 WIB
Dok. Polda Gorontalo

Tribratanews.polri.go.id - Gorontalo. Upaya untuk meningkatkan koordinasi dan kinerja satuan pengamanan di lingkungan perbankan, Polda Gorontalo mengadakan Apel Konsolidasi Satpam yang digelar di Bank Indonesia (BI) pada Senin (27/11/23).

Dalam sambutannya, Dir Binmas Polda Gorontalo Kombes Pol. Amirjan, S.I.K., menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk melaksanakan apel konsolidasi melainkan juga memberikan pemahaman mendalam mengenai tantangan yang akan dihadapi.

“Satpam diharapkan memiliki motivasi, kesiapan fisik dan mental, serta pemahaman teknis untuk menjaga situasi Kamtibmas,” jelasnya.

Baca Juga: BEM Pesantren Seluruh Indonesia: Polri Tak Pernah Mengintervensi Peserta Pemilu

Dir Binmas Polda Gorontalo juga menyampaikan bahwa berdasarkan UU Polri memiliki tugas dan tanggung jawab menjaga Harkamtibmas yang didukung PP no 1 tentang Pam Swakarsa sebagai dasar untuk menjalankan fungsi Swakarsa.

“Dalam hal ini Polri diberikan mandat untuk memastikan suksesnya pemilihan yang akan segera dilaksanakan, dan kegiatan ini menjadi upaya penanggung jawab dalam pemeliharaan Harkamtibmas guna memastikan kelancaran pemilu, dengan memberikan pemahaman kepada seluruh jajaran Satpam sebagai mitra,” Ujarnya.

Selanjutnya, Taufik Hidayat selaku kepala perwakilan Bank Indonesia Gorontalo menyampaikan bahwa dilaksanakannya apel konsolidasi sebagai sarana untuk meningkatkan serta meresmikan kembali tugas pokok satuan pengamanan.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Polri khususnya Polda Gorontalo yang sudah menyiasati kegiatan ini dan dengan demikian, apel konsolidasi Satpam tidak hanya menjadi wadah untuk meningkatkan koordinasi dan kinerja Satpam, tetapi juga sebagai langkah strategis untuk menjawab tantangan masa depan, terutama dalam konteks pemilu dan pemeliharaan Harkamtibmas di sektor perbankan,” jelasnya.

(rd/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment