Persiapan Ops Tribrata Jaya, Polri Gelar TFG

30 August 2024 - 15:36 WIB
Dokumentasi TBN

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Polri menggelar tactical floor game (TFG) Operasi Tribrata Jaya 2024 dalam rangka pengamanan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dan Internasional Sustainability Forum (ISF). TFG tersebut dipimpin langsung oleh Kaops sekaligus Dankor Brimob Polri Komjen. Pol. Imam Widodo.

Kegiatan pengamanan sendiri akan dimulai pada 2-7 September 2024.

“Dalam operasi ini, personel yang dilibatkan sebanyak 4.730 personel,” ungkap Kepala Biro PID Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Brigjen. Pol. Tjahyono Saputro, Jumat (30/8/24).

Dirinci Tjahyono, terdapat 4.730 personel tersebut terdiri dari 1.210 personel Mabes Polri, lalu ada 3.520 personel dari Polda Metro Jaya. Personel yang terlibat terdiri dadi Paspampres, kemudian dengan BNPT, BSSN, dan unsur TNI.

"Yang mana dalam pelaksanaan nanti, TFG gabungan akan dilaksanakan di Cilangkap pada tanggal 1 September 2024,” ujarnya.

Menurutnya, dalam TFG yang juga membuat skenario penanganan berbagai kemungkinan yang bisa mengganggu pelaksanaan pengamanan kegiatan itu.

“Jadi tadi di dalam latihan TFG sudah diskenariokan apa-apa kemungkinan yang terburuk terjadi, mulai dari gangguan terorisme, kemudian unjuk rasa terhadap orang-orang yang mungkin tidak berkenan kehadiran ini, termasuk juga dengan adanya gempa bumi apabila ini terjadi,” jelasnya.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment