Pasca Kecelakaan Subang, Ditlantas Polda Perketat Pengawasan Bus Pariwisata di Wilayah Banten

18 May 2024 - 12:00 WIB
analisnews.co.id

Tribratanews.polri.go.id - Serang. Ditlantas Polda Banten bersama Dishub Provinsi Banten, Jasa Raharja dan Stakeholder lainnya melaksanakan kegiatan pengawasan dan pengecekan Bus Pariwisata, sebagai Langkah mencegah terjadinya peristiwa kejadian di Subang, bertempat di Pool Armada Jaya Perkasa, Kaligandu Kota Serang pada Jumat (17/05/24).

Dipimpin oleh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Banten, AKBP Abdul Syukur Anwar, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut yang merupakan antisipasi pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas baik di jalan tol maupun di jalan raya.

“Hari ini Ditlantas Polda Banten bersama Dishub Provinsi Banten, Jasa Raharja dan stakeholder lainnya melakukan pengecekan terhadap supir dan kendaraan angkutan umum khususnya Bus-bus Pariwisata, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadi kecelakaan lalu lintas baik di jalan raya maupun jalan Tol,” jelas AKBP Abdul Syukur Anwar

Baca Juga: Daun Pegagan, Bahan Alami Skincare yang Baik bagi Kulit

AKBP Abdul Syukur Anwar menyampaikan pemeriksaan kendaraan mencakup beberapa sasaran.

“Kami melakukan pengecekan dengan sasaran yang terdiri dari dokumen, ijin operasional dan lain sebagainya. Kami juga melakukan pengawasan fisik kendaraan dari mulai ban, stir termasuk rem, wiper, spion, lampu dan sebagainya,” ungkap AKBP Abdul Syukur Anwar.

Kasubdit Gakkum juga menyebutkan bahwa personel Ditlantas Polda Banten telah melakukan imbauan kepada supir agar setiap hendak mengoperasikan kendaraan wajib memastikan bahwa kendaraan tersebut layak jalan sehingga dapat meminimalisir terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Selain kelayakan kendaraan, kami melakukan pengecekan terhadap supir yang harus terhindar dari penggunaan obat-obatan terlarang atau narkotika serta pengaruh alkohol yang bisa menimbulkan pengendara tidak bisa mengontrol pada saat mengendarai kendaraan sehingga kami juga telah melakukan pemeriksaan alkohol test kepada setiap supir dan hasilnya tidak terdapat supir yang mengkonsumsi alkohol,” jelas Ditlantas Polda Banten.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment