Operasi Patuh Jaya 2023 Mulai Berlaku Hari Ini

10 July 2023 - 09:14 WIB
Foto: Dok. Polda Metro Jaya

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Polda Metro Jaya mulai melakukan Operasi Patuh Jaya 2023 sejak hari ini (10/7/23). Operasi ketertiban lalu lintas itu diberlakukan selama 14 hari ke depan.

Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Karyoto mengatakan, 2.938 personel dikerahkan dalam operasi ini.

"Selama 14 hari ke depan, Operasi Patuh Jaya akan dilaksanakan dengan melibatkan 2.938 personel yang merupakan gabungan dari personel Polda Metro Jaya dan Polres jajaran, TNI, Dishub Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi DKI Jakarta, Satpol PP DKI Jakarta, organisasi angkutan darat dan transportasi DKI Jakarta," ujarnya kepada wartawan, Senin (10/7/23).

Baca Juga:  Sabuk Hitam Judo Bagi Kapolri, Hadiah Lain Kala HUT Bhayangkara

Kapolda menegaskan, pelaksanaan Operasi Patuh Jaya 2023 harus dilakukan dengan simpatik dan humanis. Menurutnya, penegakan hukum dilakukan dengan profesional, tidak ada negosiasi, tidak ada transaksional, dan tidak sakiti masyarakat.

"Karena seyogyanya penegakan hukum yang baik akan berdampak pada kedisiplinan masyarakat agar tidak melakukan pelanggaran kembali," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. M. Latif Usman menuturkan, dalam operasi ini razia stasioner diberlakukan di titik-titik yang kerap didapati banyak pelanggaran. Namun, penindakan dengan kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) mobile tetap diutamakan.

"Kami tetap menggunakan kegiatan stasioner, tapi petugas di lapangan akan kita sebar semuanya. Jadi, tidak setiap kendaraan dihentikan, enggak. Tapi, kami tetap memaksimalkan ETLE mobile dan ETLE statis. Anggota yang di lapangan tetap melihat pelanggaran yang kasat mata di depannya," jelasnya.

(ay/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment