Napi Kabur Di Lapas Kalbar, Titik Keberadaan Ditemukan

3 February 2023 - 11:20 WIB
Ilustrasi Detik

Tribratanews.polri.go.id - Pontianak. Tim gabungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Barat (Kanwil Kemenkumham Kalbar) dan Lembaga Pemasyarakan (Lapas) Kelas IIA Pontianak menyatakan telah menemukan titik terang keberadaan napi yang melarikan diri. Napi bernama Isay Heri alias Tikus melarikan diri sejak Selasa (31/1).

Baca juga : Polda Sulut Gelar Latihan Pra Operasional

“Narapidana tersebut diketahui tengah melarikan diri saat melaksanakan program asimilasi di halaman lapas. Tim kami langsung melakukan pencarian dan juga berkoordinasi dengan kepolisian setempat,” ungkap Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalbar, Ika Yusanti, dalam keterangan resminya, Jumat (3/2/23).

Saat melarikan diri, Isay tengah diperbantukan di area halaman lapas. Namun, saat tiba waktu masuk lapas, diketahui Isay kabur.

“Melarikan diri justru membuat Isay merugikan diri sendiri, karena program Asimilasi ini merupakan kesempatan untuk berasimilasi di tengah masyarakat. Namun dia justru melanggar,” jelasnya.

Saat dilakukan pengecekan di Lapas Pontianak, menurut Kadiv Kanwil Kemenkumham Kalbar, diketahui tingkat hunian mengalami overcrowded. Dari kapasitas hunian hanya 500 orang, saat ini diisi oleh 1.028 orang di dalam.

(ay/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment