KKB Bakar Honai Dengan Flare

11 November 2023 - 09:47 WIB
Dokumentasi Polda Papua

Tribratanews.polri.go.id - Jayapura. Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan pembakaran Honai di Kampung Kunga, Distrik Ilaga, dan Gedung SMPN 1 Gome, Jumat (10/11).

Kabid Humas Polda Papua Kombes. Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom, mengungkapkan bahwa insiden bermula sekitar pukul 17.15 WIT, ketika gedung SMPN 1 Gome dilaporkan terbakar. Peristiwa itu diikuti oleh tembakan flare berwarna merah sebanyak 10 kali dari tiga arah yang berbeda.

Baca Juga: Kapolda Kalbar Siap Beri Perlindungan ke Ketua BEM UI yang Diduga Diintimidasi

"Beberapa menit kemudian, dari jarak sekitar 400 meter terdengar tembakan yang mengarah ke Pos Kodim Persiapan, diduga dilakukan oleh KKB. Personel keamanan kemudian memberikan tembakan balasan, mengakibatkan kelompok tersebut melarikan diri menuju Kampung Kunga," ungkapnya dalam keterangan resmi, Sabtu (11/11/23).

Menurut Kabid Humas, satu Honai turut dibakar. Sementara, dugaan kuat dilakukan oleh kelompok yang sama.

Kabid Humas menekankan bahwa aparat gabungan di Kabupaten Puncak sedang berupaya menangani situasi ini. Selain itu, aparat gabungan melakukan peningkatan keamanan guna mencegah terjadinya insiden lanjutan pasca aksi tersebut.

"Aparat Gabungan sedang melakukan penyisiran dan penyelidikan lebih lanjut untuk mengidentifikasi pelaku di balik serangkaian kejadian ini," jelasnya.

Situasi ini, ujar Kabid Humas, menunjukkan eskalasi gangguan keamanan di wilayah Puncak, Papua tengah yang berkelanjutan. Oleh karenanya, pihak berwenang terus berjuang untuk menghadapi ancaman KKB demi menjaga kedamaian serta keamanan di daerah tersebut.


ay/pr/nm

Share this post

Sign in to leave a comment