KBRI Pastikan Tidak Ada WNI yang Terdampak Gempa di Filipina

17 February 2023 - 15:00 WIB
rri.co.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Manila memastikan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo di Pulau Masbate, Filipina tengah, Kamis (16/2/23).

"Menurut catatan KBRI tidak ada warga negara Indonesia yang tinggal di Pulau Masbate. Kebanyakan WNI tinggal di Pulau Cebu," ungkap Koordinator Fungsi Sosial Budaya KBRI Manila Filipina, Avi Dewani Sari Harahap dilansir dari laman RRI, Kamis (16/2/23).

Baca juga : BPBD Riau : Pekanbaru dan Bengkalis Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

WNI yang ada di Filipina, sebanyak 4.285 orang. Mereka tersebar di delapan wilayah kerja KBRI, dan sebagian besar tinggal di wilayah Cebu. Diketahui, sampai Kamis (16/2/23) siang gempa susulan masih terjadi di pulau bagian Filipina tengah ini. 

"Sampai pukul 12.00 siang masih terjadi gempa susulan. Sesuai pantauan kami, kurang lebih ada 123 gempa kecil susulan," jelas Koordinator Fungsi Sosial Budaya KBRI Manila Filipina.

“Di Filipina memang kerap terjadi gempa bumi dan bencana alam lainnya. Jadi pemerintah pusat dan pemerintah lokal sudah memiliki SOP dengan menggunakan media sosial untuk langkah-langkah yang dilakukan penduduk pada saat terjadinya bencana," tambah Koordinator Fungsi Sosial Budaya KBRI Manila Filipina.

(bg/hn/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment