Kapolri dan Kepala BNPT Tinjau Posko Command Center KTT AIS Forum 2023

11 October 2023 - 13:30 WIB
Foto: Republika

Tribratanews.polri.go.id - Denpasar. Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel meninjau posko 91 Command Center, Nusa Dua, Bali.

Kegiatan itu dilaksanakan pada Rabu (11/10/23) bersama rombongan pejabat utama Mabes Polri dan Polda Bali. Adapun posko tersebut merupakan salah satu fasilitas pengamanan KTT AIS Forum 2023.

Melalui Command Center, personel dapat memantau situasi. Mulai dari kedatangan para delegasi di Bandara Ngurah Rai, selanjutnya dilakukan pengawalan sampai di hotel tempat menginap. Kemudian pergerakan delegasi dari hotel sampai di lokasi kegiatan KTT.

“Semuanya termonitor dan personel Polri yang tergelar di lapangan terawasi. Semuanya tersambung dan bisa melaporkan kegiatan mereka pada saat di lapangan melalui Command Center,” terang Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan.

Baca Juga:  Presiden RI Pimpin KTT AIS Forum 2023

“Dan dari Command Center juga bisa memberikan perintah, petunjuk dan arahan terkait dengan langkah-langkah dan kegiatan yang harus dilaksanakan sehingga permasalahan yang dihadapi bisa segera mendapat penanganan yang tepat,” imbuh Kabid Humas.

Dijelaskannya bahwa peralatan yang ada di Command Center sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih. Salah satunya adalah bisa mendeteksi identitas masyarakat yang datang, baik itu tamu asing atau pun masyarakat lokal melalui identifikasi wajah.

Tak hanya itu, di dalam Command Center juga bisa mengetahui bagaimana kondisi cuaca, kecepatan angin, terjadinya bencana alam seperti gempa, tsunami dan lain-lain.

Dalam menjaga Kamtibmas, ribuan CCTV yang terpasang di sejumlah titik di wilayah Bali sudah terhubung dengan Command Center, sehingga memudahkan pemantauan apabila ada pergerakan rombongan VVIP maupun para delegasi.

“Pengamanan KTT AIS akan terus ditingkatkan, dilakukan pengecekan dan evaluasi agar seluruh rangkaian kegiatan KTT AIS dapat berjalan dengan aman sesuai dengan rencana Ops Tribrata Agung,” ucap Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment