Jelang Lebaran 2023, Polda Jabar Mulai Aktif Lakukan Pengecekan Jalur

2 April 2023 - 07:20 WIB
Kompas

Tribratanews.polri.go.id - Jabar. Menghadapi mudik lebaran tahun ini, Polda Jabar mulai aktif melakukan pengecekan jalur, baik tol maupun arteri.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes. Pol. Ibrahim Tompo, S.I.K., M.Si., menjelaskan bahwa persiapan sudah dilakukan dengan melakukan pengecekan jalur bersama sejumlah stakeholder.

"Pengecekan dan persiapan jalur dengan koordinasi stakeholder seperti pemda, Dishub, Jasa Marga, perusahaan pengelola tol, kesiapan jalur sudah baik," jelas Kabid Humas Polda Jabar, Sabtu (1/4/23).

Baca juga : 148.211 Personel Gabungan Turun untuk Amankan Operasi Ketupat 2023

Selain itu, pihaknya juga terus berkoordinasi untuk melakukan pembenahan dan perbaikan, persiapan jalur alternatif, memperhitungkan kapasitas dan jumlah pemudik.

"Dan mempersiapkan alternatif untuk menghadapi kepadatan arus, pembenahan pedagang kaki lima pinggir jalur rawan macet, penyiapan ploting personil untuk menjaga jalur selatan, Jonggol," tambahnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menuturkan, saat ini ada 71 pekerjaan perbaikan jalan provinsi yang ditargetkan 50 persennya, rampung sebelum Lebaran tahun ini.

"Nah, jalan-jalan provinsi ini ada 71 pekerjaan dan Alhamdulillah, Insya Allah setengahnya beres sebelum Lebaran," tutur Gubernur Jawa Barat.

"Sebelum Lebaran itu dibatasi H-10 harus sudah selesai karena sudah mulai mudik. Nanti 50 persennya insyaallah setelah Lebaran dituntaskan," tambahnya.

Selain itu, pada pertengahan April nanti rencananya bakal diresmikan operasional tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) secara keseluruhan.

"Laporan dari Kementerian PUPR begitu, Alhamdulillah, sehingga kita harapkan sebelum Lebaran sudah bisa memperlancar urusan mudik," ungkapnya.

Dengan beroperasinya Tol Cisumdawu secara penuh, maka daya tempuh warga Bandung ke arah Timur seperti Cirebon bisa makin cepat, begitupun arah sebaliknya.

"Dari Bandung ke Cirebon mungkin tidak tiga jam lagi, memotong ke Cisumdawu, Kertajati langsung Cirebon," jelasnya, dilansir dari Tribun.

Ridwan Kamil berharap pengumuman dari pemerintah pusat tersebut sesuai dengan jadwal yang diharapkan.

(ek/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment