Jaga Stabilitas Harga, Kementerian Pertanian Koordinasikan Pengamanan Stok Bawang Merah

25 October 2024 - 14:00 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kementan (Kementerian Pertanian), pastikan upaya pengamanan produksi bawang merah jelang Natal dan Tahun baru tengah dilakukan. Kementerian Pertanian telah berkoordinasi dengan dinas pertanian kabupaten di sentra produksi untuk menjaga stabilitas harga.

"Mencermati terkait dengan pengamanan produksi ketersediaan bawang merah jelang nataru, bersama dinas pertanian kabupaten sentra produksi. Kami telah melakukan koordinasi," ujar, Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Andi Muhammad Idul Fitri, dilansir dari laman RRI, Kamis (24/10/24).

Dalam rekaman suara yang diterima, ia menyebutkan bahwa targetnya adalah menjaga harga bawang merah tetap di bawah atau setara harga acuan. Berdasarkan laporan tanam, luas pertanaman pada September mencapai 9.518 hektar.

Pada Oktober, luas pertanaman bertambah menjadi 10.232 hektar, dan November mencapai 11.556 hektar. Untuk Desember, luas pertanaman diproyeksikan mencapai 10.639 hektar.

Dengan data ini, diharapkan ada panen saat Nataru sehingga ketersediaan bawang merah terjaga. Andi optimis stok bawang merah bisa memenuhi kebutuhan pasar hingga akhir tahun.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment