Jaga Keamanan dan Keselamatan Berlalu Lintas, Polda Maluku Gelar Operasi Simpatik Salawaku 2023

22 August 2023 - 09:45 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Ambon. Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menggelar Operasi Simpatik Salawaku 2023 sebagai upaya menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) di jalan raya pada wilayah tersebut.

Adapun pelaksanaan Operasi Simpatik Salawaku 2023 itu dibuka secara resmi oleh Karo Ops Polda Maluku, Kombes. Pol. Asep Saepudin, S.I.K., mewakili Kapolda Maluku pada apel gelar pasukan di lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon, Senin.

“Berbagai permasalahan yang terjadi saat ini di antaranya meningkatnya pelanggaran lalu lintas hingga menyebabkan kecelakaan dan kemacetan. Persoalan ini memerlukan penanganan profesional dan komprehensif,” kata Kapolda Maluku dalam sambutan tertulis yang dibacakan Karo Ops Polda Maluku, Senin (21/8/23).

Dalam keterangannya Kombes. Pol. Asep Saepudin menyebutkan permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Hal ini merupakan konsekuensi akibat meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Baca Juga:  Polisi Tertibkan Penggunaan Sepeda Listrik yang Semakin Marak

Selanjutnya ia mengatakan diperlukan koordinasi bersama antarinstansi pemerintahan lain yang bertanggung jawab dalam pembinaan kamseltibcarlantas, yang selama ini dirasakan masih perlu ditingkatkan.

Kombes. Pol. Asep Saepudin mengungkapkan apabila tingkat koordinasi tidak optimal dalam upaya penanganan berbagai persoalan lalu lintas maka akan berdampak pada beberapa hal, di antaranya kurang maksimalnya ketersediaan sarana dan prasarana lalu lintas jalan, regulasi, angkutan over dimensi dan overloading, serta rendahnya tingkat kesadaran dan disiplin masyarakat dalam mematuhi aturan ataupun ketentuan perundang-undangan di bidang lalu lintas.

Untuk mewujudkan keselamatan berlalu lintas di jalan raya, kata dia, maka perlu adanya peningkatan rumusan manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, berlaku pengguna jalan yang berkeselamatan, serta penanganan pra dan pasca kecelakaan.

Melalui penyelenggaraan Operasi Simpatik Salawaku 2023, diharapkan dapat mencapai enam tujuan, seperti meningkatnya disiplin dan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, terciptanya situasi kamseltibcar secara optimal serta menurunnya angka kecelakaan lalu lintas.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment