Hadapi Cuaca Panas Ekstrim, Kapolda Kaltara Imbau Masyarakat Tidak Bakar Hutan dan Lahan

7 August 2023 - 14:00 WIB
Foto: Kompas

Tribratanews.polri.go.id - Bulungan. Dalam rangka menghadapai cuaca ekstrem, Kapolda Kaltara, Irjen. Pol. Daniel Adityajaya, S.H., S.I.K., M.Si., mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan.

“Cuaca panas ini dapat memicu terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) maupun kawasan pemukiman,” jelas Kapolda Kaltara, Senin (7/8/23).

Kapolda pun mengingatkan agar masyarakat menjaga lingkungan dimulai dari diri sendiri. Jika mengetahui ada kebakaran di pemukiman penduduk ataupun Karhutla, agar segera menginformasikan ke petugas terdekat.

Baca Juga:  Polisi Berikan Sosialisasi Sanksi Penyalahgunaan BBM Bersubsidi di Aceh Barat

Kapolda juga mengungkapkan bahwa akhir Juni 2023, terjadi kebakaran hebat di pemukiman padat penduduk RT 21, Kelurahan Karang Anyar Pantai, Tarakan. Kebakaran juga terjadi pada 06 Agustus 2023, di mana menghanguskan ratusan rumah di pesisir pantai Beringin, Tarakan.

“Musibah kebakaran di Tarakan terbesar di tahun 2023. Sebelumnya juga pernah terjadi di tahun 1991 lalu,” jelas Jenderal Bintang Dua tersebut.

Polda Kaltara bersama Polres Tarakan telah memasang garis polisi (police line) di salah satu rumah yang diduga sebagai titik awal terjadinya kebakaran di pesisir pantai Beringin dan melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang.

“Tim identifikasi melakukan olah TKP, beberapa orang saat ini masih dalam diperiksa,” tutupnya.

(my/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment