Gelar Pasukan Pengamanan, TNI-Polri Siap Amankan KTT AIS Forum 2023 di Bali

7 October 2023 - 21:15 WIB
Foto: Humas Polri

Tribratanews.polri.go.id - Denpasar. Kabaharkam Polri, Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si., dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II, Marsekal Madya TNI Andyawan Martono Putra, S.I.P., M.Tr., pimpin apel gelar pasukan dalam pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di Bali.

“Tentunya kita harapkan operasi aman dan lancar maka sinergitas TNI Polri terus terjaga dan ini bukanlah hal yang pertama kita lakukan, kita harapkan situasi semakin baik dari sebelumnya dengan posko pengamanan lebih baik bersama TNI untuk pengamanan KTT AIS Forum 2023 ini,” jelas Kabaharkam, Sabtu (7/10/23).

Baca Juga:  KTT AIS 2023, Korlantas Polri Gelar Pengenalan dan Pelatihan Kendaraan Listrik kepada Personel

Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran juga mengatakan bahwa kehadiran KTT AIS Forum 2023 di Bali menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Bali, dan Polri telah melakukan persiapan yang ketat untuk memastikan keamanan acara ini. Operasi pengamanan yang diberi nama ‘Tribrata Agung’ melibatkan ribuan personel Polri.

Diketahui, total 4.038 personel Polri dikerahkan untuk operasi ini, dengan 1.863 personel berasal dari Mabes Polri dan 2.220 personel lainnya dari Polda Bali. Operasi Tribrata Agung akan berlangsung selama enam hari, mulai dari tanggal 8 hingga 13 Oktober, dan mencakup seluruh wilayah hukum Polda Bali, terutama di lokasi kegiatan KTT AIS Forum 2023.

Operasi ini akan difokuskan pada tindakan preemtif dan preventif, serta didukung oleh penegakan hukum, siber, interpol, dan kehumasan untuk memastikan keamanan acara. Polri akan bertanggung jawab atas pengamanan objek kegiatan dan penginapan para kepala negara peserta, serta para menteri negara-negara yang hadir dan delegasi.

(bg/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment