Ditlantas Polda Banten Uji Coba ETLE Drone Jelang Mudik

14 February 2023 - 02:50 WIB
viva.co.id

Tribratanews.polri.go.id – Banten. Kepolisian Daerah Banten uji coba penilangan elektronik/ ETLE Drone. Untuk Pelanggar yang tidak memakai helm hingga tidak mengenakan sabuk keselamatan, bisa ketahuan oleh drone yang dioperasikan oleh polisi lalu lintas.

"Uji coba ETLE drone ini sudah disaksikan langsung oleh Pak Kapolda, Wakapolda, PJU Polda Banten, berjalan lancar," jells Dirlantas Polda Banten, Kombes. Pol. Firman Darmansyah, S.I.K., dalam keterangannya seperti dikutip dari viva.co.id, Senin (13/02/2023).

Baca juga : Ditlantas Polda Banten Uji Coba ETLE Drone Jelang Mudik

Saat ini, Ditlantas Polda Banten baru mengoperasikan tiga drone ETLE yang di kendalikan oleh personelnya. Tilang menggunakan pesawat nirawak ini menyasar lokasi yang tidak terpasang kamera tilang elektronik statis yang baru ada tujuh titik di wilayah hukum Polda Banten dan membantu tugas ETLE mobile yang baru ada satu unit dan bertugas keliling di wilayah hukum Polda Banten. 

Dirlantas optimis personelnya segera bisa mengoperasikan ETLE Drone untuk penegakkan hukum pelanggar lalu lintas dan dapat digunakan saat arus mudik Idul Fitri 2023 untuk membantu kelancaran lalu lintas di sekitar Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. 

Lebih lanjut, Kombes. Pol. Firman Darmansyah, menerangkan kalau ETLE Drone tidak hanya berfungsi menilang pelanggaran lalu lintas, tapi juga memeriksa titik kemacetan guna memperlancar arus kendaraan. Bahkan tidak menutup kemungkinan, bisa membantu penegakan hukum jika terjadi kejahatan jalanan dan kecelakaan lalu lintas. 

Saat ini ada Polresta Tangerang dan Polres Lebak yang mengembangkan ETLE Drone dibantu oleh Polda Banten dan Korlantas Polri. Sedangkan polres lainnya, nanti akan dibantu pengoperasiannya ETLE Drone oleh Ditlantas Polda Banten. 

(fa/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment