Di Bawah Guyuran Hujan, Kapolda Sumut Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Toba 2023-2024

17 October 2023 - 14:45 WIB
Foto: benhillpos

Tribratanews.polri.go.id - Medan. Polda Sumut melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Toba 2023-2024 di Lapangan Samapta Polda Sumut, Selasa (17/10/23). Gelar pasukan tersebut dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Kapolda Sumut, Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si., pun bertindak sebagai Pimpinan Apel walaupun di bawah guyuran hujan. Apel gelar pasukan itu juga dihadiri oleh Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Mochammad Hasan, Ketua DPRD Sumut, Danlantamal dan sejumlah Forkopimda lainnya serta seluruh PJU Polda Sumut dan Kodam I Bukit Barisan.

“Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana dalam Operasi Mantap Brata 2023 – 2034, sehingga Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar,” jelas Kapolda Sumut, saat membacakan amanat Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Selasa (17/10/23).

Baca Juga:  Polisi Salurkan 1.200 Liter Air Bersih di Kendari

Kapolda juga menyampaikan bahwa Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa Indonesia. Maka dari itu, seluruh komponen bangsa tentu harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pemilu 2024, terlebih Pemilu ini memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam serta melibatkan jumlah Pemilih yang besar.

“Terus lakukan mapping potensi konflik sosial secara detail di wilayahnya masing-masing dan selesaikan potensi konflik tersebut hingga ke akar masalah. Apabila terdapat konflik yang sudah mengganggu stabilitas Kamtibmas, maka pastikan penggunaan kekuatan dilakukan secara tepat sesuai SOP dengan memegang teguh asas Proporsionalitas, legalitas serta nesesitas,” jelasnya lebih lanjut.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes. Pol. Hadi Wahyudi, S.H., S.I.K., menjelaskan bahwa gelar pasukan merupakan tahapan akhir dari kesiapan pengamanan, setelah sebelumnya Polda Sumut melaksanakan latihan pra operasi Mantap Brata 2024 dan Sispamkota. Polda Sumut pun membagi pengawasan ke dalam 7 zona Rayonisasi.

“Seluruh personel siap menjalankan setiap tahapan Pengamanan,” jelas Kabid Humas Polda Sumut.

(my/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment