Ciptakan Rasa Aman, Polisi Dikerahkan ke Halaman Mesjid di Riau

3 April 2022 - 20:47 WIB

Tribatanews.polri.go.id – Pekanbaru. Umat muslim di seluruh Indonesia bakal menjalani ibadah Ramadan selama 1 bulan penuh. Maka dari itu, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, Kapolda Riau Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H., telah memerintahkan jajaran untuk menjaga masjid selama satu bulan penuh. Penjagaan tersebut merupakan bagian dari operasi tertib Ramadan Lancang Kuning 2022.

Pengamanan di masjid dan tempat keramaian merupakan bagian dari Operasi Tertib Ramadan Lancang Kuning 2022 yang berlangsung sebulan. "Dimulai Jumat (1/4), untuk seluruh Riau," ujar Kapolda Riau dalam keterangannya, pada Minggu (03/04/22).

Mantap Kadiv Humas Polri ini memaparkan, anggotanya akan hadir di halaman masjid, saat umat muslim menyelenggarakan ibadah salat tarawih. Mereka akan meminimalisir dan mencegah potensi gangguan keamanan. "Kita hadir mencegah gangguan keamanan, saat umat melaksanakan tarawih, agar bisa lebih khusyuk," terang Kapolda Riau.

Menurut Kapolda Riau, ada kecenderungan pelaku kejahatan kerap memanfaatkan momentum, termasuk bulan suci Ramadan. Banyak kasus kejahatan dengan sasaran sepeda motor jemaah, atau pencurian lainnya. Dengan adanya polisi, pelaksanaan ibadah berjalan lancar dan warga merasa lebih tenang.

Selain itu, Operasi Tertib Ramadan Lancang Kuning 2022 juga menargetkan keamanan saat aktivitas sahur, hingga seusai pelaksanaan salat Subuh. Kepolisian juga akan ditempatkan di ruas jalan yang biasa dilintasi warga berkeliling dengan kendaraan.

"Kita minimalisir kejahatan, atau perkelahian misalnya, dengan konsep operasi ini, tidak ada ruang bagi pelaku kriminal," pungkas Kapolda Riau.

Share this post

Sign in to leave a comment