Bulog Dapat Penugasan Impor Beras Sebanyak 2 Juta Ton

27 March 2023 - 16:00 WIB
CNBC

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Perusahaan Umum Bulog mendapatkan penugasan untuk mengimpor beras sebanyak 2 juta ton pada tahun ini. Penugasan diberikan Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Dalam surat tersebut, berisi Penugasan Pengadaan CBP dari Luar Negeri. Dari salinan surat tersebut dijelaskan Perum Bulog diperintah untuk mengimpor 2 juta ton beras pada tahun ini dimana 500 ribu ton harus segera didatangkan secepatnya, seperti yang dilansir CNBC, (27/3/2023).

Baca juga : Usai Penembakan yang Tewaskan Anggota, Polisi Imbau Warga Salat Tarawih di Rumah

Adapun berdasarkan tulisan salinan surat tersebut yang di tandatangani Kepala Badan Pangan Nasional, H. Arief Prasetyo Adi, ST, MT., mengatakan, "Menindaklanjuti hasil rapat internal bersama Bapak Presiden tanggal 24 Maret 2023 dengan topik Ketersediaan Bahan Pokok dan Persiapan Arus Mudik Idul Fitri 1444 H, kami menugaskan Perum Bulog untuk melaksanakan pengadaan cadangan beras pemerintah (CBP) dari luar negeri sebesar 2 juta ton sampai dengan akhir Desember 2023. Pengadaan 500 ribu ton pertama agar dilaksanakan secepatnya."

Masih dalam salinan surat tersebut disebutkan tambahan pasokan beras tersebut dapat digunakan untuk program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Beras (SPHP), bantuan beras kepada sekitar 21,353 Juta keluarga penerima manfaat (KPM) dan kebutuhan lainnya.

"Pengadaan beras dari luar negeri tersebut agar tetap menjaga kepentingan produsen dalam negeri serta memperhatikan aspek akuntabilitas dan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," lanjut isi salinan surat tersebut.

"Sejalan dengan hal tersebut, kami menugaskan Perum Bulog untuk tetap mengoptimalkan penyerapan hasil produksi dalam negeri terutama selama masa Panen Raya Maret-Mei 2023," sebut surat tersebut.

(fa/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment