Antisipasi Perluasan Lahan Karhutla, Polisi Lakukan Strategi Putus Titik Api

10 August 2023 - 19:30 WIB
Foto: Humas Polres Kubu Raya

Tribratanews.polri.go.id - Memasuki hari ke lima, Petugas Polres Kubu Raya bersama stakeholder terkait terus mengupayakan pemadaman api Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Dusun Bunga Baru Darat, Desa Mekar Sari, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar. Rabu (9/8/23).

Upaya petugas dalam melakukan pemadaman kebakaran lahan pun tidak mudah. Terlebih, lahan yang terbakar merupakan tanah gambut dan vegetasinya terdiri dari akasia dan semak belukar.

Ditambah terpaan angin kencang, cuaca panas terik hingga kepulan asap pekat, tak membuat petugas turun semangat dalam melakukan pemadaman.

Kapolres Kubu raya bersama petugas dan Stakeholder terkait pun tetap berupaya maksimal sekuat tenaga untuk memadamkan api dengan strategi memutus titik api untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran.

Baca Juga:  Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Kabupaten Maluku Tenggara

Pemadaman Karhutla ini dilakukan dengan cara manual dengan membawa mesin pompa dan melakukan pemadaman serta pendinginan di lokasi terbakarnya lahan tersebut, petugas juga melakukan pembersihan parit yang ditumbuhi semak belukar untuk mendapatkan sumber air, alat berat juga diturunkan guna melakukan penyekatan serta memperdalam parit agar sumber air tetap terjaga.

Sudah lima hari petugas TNI-Polri beserta stakeholder terkait melakukan pemadaman api di lokasi, ini adalah bentuk negara hadir dalam menanggulangi dan upaya mencegah karhutla, dan hal ini wajib dibutuhkan kerja sama semua pihak, baik itu unsur dari masyarakat dan pemangku kepentingan terkait.

Luas hutan dan lahan semak belukar yang terbakar itu belum dapat diketahui secara pasti, namun perkiraan sementara sekitar 10 sampai 50 hektare.

Timsus Karhutla Polres Kubu Raya masih melakukan penyelidikan terkait kebakaran hutan dan lahan ini.

(rd/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment