Akademisi Apresiasi Polri dalam Kawal Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022

9 May 2022 - 13:56 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Akademisi Universitas Padjadjaran, FX Ari Agung Prastowo menilai bahwa Polri dinilai lebih siap mengatur dan mengamankan perjalanan mudik dan balik libur Lebaran 2022 tahun ini, Hal tersebut terbukti dari kesigapan anggotanya dalam merespons berbagai insiden di jalan.

“Pemerintah, dalam hal ini Polri sebagai barisan terdepan yang menjaga perjalanan pemudik jauh lebih siap, sungguh-sungguh, dan tulus menjaga kami,” jelas Dosen Hubungan Masyarakat Universitas Padjadjaran itu.

Menurut dia, banyaknya skema arus mudik dan arus balik yang dipersiapkan Polri membantu perjalanan para pemudik lebih lancar dan aman.

“Saya dan keluarga jauh lebih bahagia dalam perjalanan festival silaturahmi,” kata Ari, melalui keterangan tertulisnya, Minggu (8/5/2022).

Ia juga menjelaskan mudik telah menjadi semacam ritual bagi masyarakat di Tanah Air yang salah satu tujuannya menjaga silaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan sahabat di kampung halaman.

“Kepulangan mereka (para pemudik) merupakan harapan bagi kampung halaman. Pemerintah dan jajarannya termasuk Polri memiliki tugas mulia menjaga harapan itu,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Ari turut mengapresiasi kesigapan anggota Polri di sepanjang jalur arus mudik dan arus balik, termasuk di antaranya di tempat-tempat istirahat (rest area).

“Kesigapan anggota Polri di rest area, di mana buka tutup rest area menjadi langkah penting mudik pada masa pandemi. Menjaga pemudik tetap sehat menjadi poin utama,” katanya.

Share this post

Sign in to leave a comment