300 Personel Gabungan Dikerahkan Guna Mengamankan Pleno Penetapan Suara

13 March 2024 - 11:11 WIB
Dok. OCDC

Tribratanews.polri.go.id - Mimika. Sebanyak 300 personel gabungan TNI/Polri telah dikerahkan untuk menjaga keamanan dalam proses penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten yang berlangsung di Gedung Emeneme Yauware. Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, S.H, S.I.K, M.H, menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan dengan menyediakan pasukan untuk memastikan kelancaran pleno penetapan tersebut, Rabu (13/3/24).

"Kami menyelenggarakan pengamanan ini dengan tujuan agar proses penetapan hari ini dapat berjalan lancar tanpa hambatan atau gangguan," ujar AKBP I Gede Putra.

AKBP I Gede Putra berharap agar semua pihak, termasuk masyarakat dan semua konstituen, bersatu untuk memantau proses kegiatan ini hingga selesai tanpa kendala.

Baca Juga: 1.621 Personel Gabungan Siap Amankan Demo di Gedung DPR

"Dilihat dari segi waktu, pelaksanaan rekapitulasi di tingkat Kabupaten Mimika sudah terlambat dan ini mempengaruhi proses penghitungan di tingkat provinsi. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menjaga agar proses ini berjalan lancar," jelas AKBP I Gede Putra.

AKBP I Gede Putra juga menambahkan bahwa pola pengamanan yang dilakukan mencakup penjagaan ketat di Gedung Emeneme serta patroli dan mobilitas di wilayah Mimika.

"Kami melaksanakan pengamanan ini untuk mencegah gangguan dari pihak-pihak tertentu yang berpotensi mengganggu jalannya pleno penetapan hari ini," ungkap AKBP I Gede Putra.

AKBP I Gede Putra juga menekankan pentingnya menempuh jalur hukum yang ada bagi pihak-pihak yang merasa tidak puas terhadap proses tersebut.

"Kami mengajak semua pihak untuk berpolitik dengan bijak dan dewasa. Terdapat mekanisme yang telah disediakan, silakan gunakan mekanisme tersebut dan kami akan memastikan agar semua proses berjalan sesuai aturan yang berlaku," tutup AKBP I Gede Putra.

(ri/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment