Presiden Jokowi Bertemu Putin, Disambut Senyum Ramah

1 July 2022 - 16:07 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di Moskow, Rusia.

Jokowi tiba di Istana Kremlin Kamis (30/06/22) sekitar pukul 15.30 waktu setempat dan langsung melakukan pertemuan tete-a-tete dengan Presiden Putin di Ruang Upacara Kenegaraan Istana Kremlin.

Kehadiran Jokowi disambut senyum ramah Putin. Keduanya kompak mengenakan setelan jas hitam.

Tampak juga kedekatan kedua pemimpin saat berbincang di ruang penyambutan tamu negara, Istana Kremlin. Kedekatan itu terlihat dari meja sepanjang kurang dari satu meter yang memisahkan keduanya.

Dalam pertemuan itu Jokowi mengatakan telah menyampaikan pesan dari Zelensky kepada Putin. Jokowi meminta ruang dialog bagi Ukraina-Rusia untuk segera menyelesaikan permasalahan kedua negara tersebut.

"Sebagaimana yang saya sampaikan di Kyiv, walaupun situasi saat ini masih sangat sulit, namun saya tetap menyampaikan bahwa penyelesaian damai penting, untuk terus dikedepankan dan juga ruang-ruang dialog terus bisa dibuka," kata Jokowi dalam konfrensi pers di Rusia Kamis (30/06/22).

Jokowi mengaku siap menjadi jembatan perdamaian antara Ukraina dan Rusia.

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," kata Jokowi dalam konfrensi pers di Rusia Kamis (30/6).

Jokowi mengaku telah berdiskusi dengan Putin terkait ketersediaaan pangan dan pupuk dari Ukraina dan Rusia.

Share this post

Sign in to leave a comment