Zelensky Mau Hadir KTT G20 di Bali jika Putin Datang

11 August 2022 - 16:14 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenksy, bersedia menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Bali jika Presiden Rusia, Vladimir Putin, turut datang. Penasihat kepresidenan Ukraina, Mikhail Podolyak, mengatakan bahwa Zelensky sebenarnya menganggap kehadiran secara virtual lebih memungkinkan di tengah situasi perang.

"Namun, jika dia [Putin] akan hadir [di pertemuan G20], kami akan memikirkan perlunya kehadiran kami," ucap Podolyak, seperti dikutip kantor berita Rusia, TASS, Rabu (10/8).

Podolyak kemudian menegaskan bahwa kehadiran Putin di forum internasional mana pun secara tak langsung mengindikasikan penyelenggara KTT melegitimasi posisi Rusia soal Ukraina.

Sementara itu, Sekretaris Kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov, sendiri belum dapat memastikan kehadiran Putin di KTT G20. Sebagai pemegang presidensi tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20. Pertemuan puncak itu akan digelar di Bali pada 15-16 November mendatang.

KTT tahun ini menjadi perhatian karena berlangsung di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Sejumlah negara Barat menyerukan pemboikotan Putin di KTT G20. Namun, Indonesia menyatakan bakal tetap mengundang Putin sebagai kepala negara anggota G20. Di tengah desakan Barat, Indonesia juga akhirnya mengundang Zelensky.

Share this post

Sign in to leave a comment