Polda Bali Kerahkan 600 Personel Amankan Sidang COP-4 Konvensi Minamata di Nusa Dua

23 March 2022 - 17:09 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Denpasar. Kepolisian Daerah Bali mengerahkan ratusan personel untuk mengamankan The 4Th Conference of the Parties (COP-4) yang berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Badung, 16-26 Maret 2022.

“Kita terjunkan 600 personel untuk menjamin kegiatan tersebut,” terang Karo Ops Polda Bali, Kombes Pol. Firman Nainggolan di Denpasar, Senin (21/03/22).

Dalam pengamanan tersebut Polda Bali melakukan sterilisasi di lokasi kegiatan. Setiap orang yang masuk ke gedung BNDCC diperiksa satu per satu.

Ada 50 personel dari Pold Bali yang khusus ditugaskan di secdoor dan x-ray yang berada di ring 1. Dalam struktur organisasi operasi, personel ini di bawah Satgas 4 Pamgiat.

“Barang bawaan juga tidak luput dari pemeriksaan petugas. Personel kita di sana menggunakan secdoor dan metal detector,” jelas Perwira Menengah Polda Bali.

Kombes Pol. Firman Nainggolan mengatakan dalam pengamanan dilakukan sesuai SOP dan berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak penyelenggara (PBB-red). Hanya yang memiliki ID card saja yang boleh masuk ke gedung BNDCC.

“Kalau tidak menunjukan ID, petugas tidak mengizinkan masuk,” tegas Kombes Pol. Firman Nainggolan.

Sidang COP-4 dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc., dan akan dihadiri sekitar 1.346 orang delegasi yang berasal dari 137 negara, meliputi badan-badan internasional, LSM dan akademisi.

Indonesia terpilih sebagai tuan rumah kegiatan sidang COP-4 Konvensi Minamata, merupakan wujud pengakuan dunia internasional terhadap pencapaian Indonesia dalam pengurangan dan penghapusan merkuri.

Konvensi Minamata dilatarbelakangi dengan tujuan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan lingkungan dari emisi serta lepasan akibat senyawa merkuri yang berasal dari kegiatan manusia, seperti peristiwa keracunan merkuri di Teluk Minamata, Jepang pada tahun 1950

Share this post

Sign in to leave a comment