Perdana Menteria Australia Terkesan Sepeda Bambu dari Jokowi: Mau Bawa Pulang

7 June 2022 - 22:42 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, girang kala mengayuh sepeda bambu bersama Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, pada Senin (06/06/22).

"Itu adalah pengalaman yang luar biasa dan saya menganggap sebagai kehormatan besar bahwa Presiden mengundang saya untuk naik sepeda bambu bersamanya ke tempat yang indah di taman botani ini," ujar Albanese dalam konferensi pers bersama Jokowi.

Albanese juga mengungkapkan Jokowi bahkan menawarkan sepeda bambu itu untuk dirinya. "Presiden telah menawarkan kepada saya untuk membawa sepeda itu kembali ke Australia dan Anda akan melihat saya mengendarai sepeda bambu satu-satunya di Canberra," ucapnya.

Kegiatan gowes sepeda itu, katanya, akan terus terkenang di benak Albanese yang baru dilantik sebagai Perdana Menteri Australia pada 22 Mei lalu. "Setiap kali saya naik sepeda, saya akan ingat persahabatan dengan Presiden Widodo," tuturnya.

Jokowi dan Albanese menggunakan sepeda bambu yang dirancang untuk digunakan di jalan raya. Sepeda tersebut merupakan hasil karya Singgih S. Kartono dari Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Usai bersepeda, kedua pemimpin negara itu melakukan tatap muka dan pertemuan bilateral lalu konferensi pers bersama.

Sementara itu, Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjungi Albanese secara bilateral. "Merupakan kehormatan bagi saya menerima kunjungan perdana menteri Australia yang baru, Bapak Anthony Albanese beserta delegasi," terang Jokowi.

"Saya bergembira bahwa Indonesia menjadi tujuan pertama kunjungan bilateral Perdana Menteri Albanese setelah dua Minggu yang lalu dilantik [menjadi] perdana menteri Australia ke-31," lanjutnya.

Share this post

Sign in to leave a comment