Patung Budha Seharga Rp 23 Miliar Hilang Dicuri di Los Angeles

27 September 2023 - 20:30 WIB
Foto: Okezone

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Seorang pencuri menyelinap ke galeri seni mewah di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) untuk mencuri patung Buddha kuno senilai USD1,5 juta (Rp23 miliar). Aksi pencuriannya ini terekam di kamera keamanan.

Patung perunggu bergambar Buddha bersila itu diambil dari Galeri Barakat di Beverly Grove sekitar pukul 03.45 waktu setempat pada 18 September lalu.

"Tadinya saya menyimpannya di halaman belakang rumah saya, ketika saya memindahkan ke galeri ini, saya menaruhnya di halaman belakang galeri untuk semua orang, untuk dikagumi, dan dinikmati," ungkap sang pemilik Fayez Barakat dilansir dari okezone.com, Selasa (26/9/23).

Baca Juga:  Polisi Bekuk Pelaku Rudapaksa Gadis Dibawah Umur di Banyuwangi

Ia menjelaskan tidak ada patung Buddha yang serupa dengan koleksinya. Pencurian tersebut kemungkinan besar telah direncanakan karena lokasi patung yang menonjol.

Sementara itu, Direktur galeri, Paul Henderson mengatakan ini adalah pencurian yang pertama kalinya terjadi sepanjang 12 tahun ia bekerja. "Patung ini langka dan tidak ada di pasaran mana pun," ucapnya.

"Tingginya 1,2 meter dan terbuat dari perunggu cor yang berongga. Itu adalah karya yang menakjubkan. Benar-benar patung yang menawan secara estetika dan sangat mengejutkan saat mengetahui patungnya hilang," jelasnya.

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment