Narkoba Tranq, Bikin Pengguna Seperti Zombie

31 May 2023 - 10:15 WIB
Foto: Merdeka

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Narkoba jenis Xylazine atau yang lebih dikenal tranq kini menghebohkan masyarakat Amerika Serikat. Hal ini karena tingginya tingkat konsumsi jenis narkoba tersebut terlebih di daerah Kensington, Philadelphia. Karena orang yang kecanduan mengonsumsi akan berulah seperti 'zombie'.

Dalam sebuah video yang viral di media sosial, terlihat sejumlah orang berperilaku bak 'zombie' karena kecanduan tranq. Pada video itu terlihat sejumlah orang jalan sempoyongan, jongkok dan menunduk. Bahkan, tertidur di jalan.

Dikutip dari Food and Drug Administration (FDA), Selasa (30/5/23), tranq adalah obat bius yang biasa digunakan untuk hewan besar, seperti kuda dan rusa. Namun, tidak aman digunakan pada manusia. Sehingga dapat menyebabkan efek samping yang serius yang mengancam jiwa.

Baca Juga:  Hoaks! Penemuan Relik Kuno Tahun 1912

Tranq sendiri merupakan obat penenang mematikan yang digunakan untuk meningkatkan efek heroin, kokain dan fentanil. Tranq berbahaya karena dapat menekan pernapasan, tekanan darah, detak jantung, dan suhu tubuh hingga tingkat kritis.

Di sisi lain, orang yang menyuntikkan obat yang mengandung xylazine dapat mengalami luka kulit yang parah dan bercak jaringan yang mati hingga membusuk.

Hal itu karena mudah terinfeksi dan jika tidak ditangani dapat menyebabkan amputasi. Luka ini dapat berkembang di area tubuh yang jauh dari tempat suntikan. Sehingga dapat mengancam jiwa.

Padahal, FDA sudah berkomunikasi dengan penyedia layanan kesehatan tentang risiko pasien yang terpapar xylazine dalam obat-obatan terlarang.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment