Muram Ratusan Pelayat Padati Rumah Duka Antar Kepergian Shinzo Abe

12 July 2022 - 22:44 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Ratusan warga Jepang yang berduka berbaris di depan rumah duka Kuil Zojoji dan jalanan ibu kota Tokyo untuk menggiring kepergian mendiang eks perdana menteri, Shinzo Abe, yang akan dimakamkan hari ini, Selasa (12/7).

Mobil jenazah akan membawa jasad PM Jepang dengan masa jabatan terpanjang itu dari rumah duka di Kuil Zojoji, Tokyo, ke Aula Pemakaman Kirigaya untuk dikremasi.

Media lokal Asahi Shimbun melaporkan jasad Abe akan digiring melewati markas besar Partai Demokrat Liberal (LDP), Kantor Perdana Menteri, gedung parlemen Jepang, sebelum tiba di aula pemakaman.

Di kantor PM Jepang, para staf perdana menteri akan berdiri di luar untuk memberi penghormatan terakhir kepada sang politikus LDP.

Mobil tamu-tamu pelayat tiba di Kuil Zojoji untuk menghadiri pemakaman Abe. Tamu yang bisa hadir terbatas bagi anggota keluarga dan orang-orang dekat Abe, menurut lembaga penyiaran NHK.

Meski begitu, masyarakat dari berbagai tempat dan usia tetap memenuhi kompleks kuil itu untuk menyampaikan penghormatan terakhir pada mendiang Abe, yang tewas setelah ditembak Tetsuya Yamagami pada Jumat (8/7).

Suasana di luar kuil itu muram, dengan beberapa pelayat membawa bunga, catatan, dan teh hijau. Ketiga barang tersebut dipercaya masyarakat Jepang sebagai simbol pertolongan di alam baka.



Share this post

Sign in to leave a comment