Kunjungi Jepang, Presiden Jokowi berharap PM Kishida Hadir di G20

28 July 2022 - 18:19 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Presiden Indonesia, Joko Widodo, berharap Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, hadir di konferensi tingkat tinggi G20 di Bali yang akan berlangsung November mendatang.

Harapan itu Jokowi sampaikan saat bertemu Kishida di Kantor Perdana Menteri, Tokyo, Rabu (27/7). "Saya berharap PM Kishida hadir dalam KTT G20 nanti di Bali, di bulan November," kata Jokowi dalam pernyataan resmi.

Selain menyampaikan harapan, orang nomor satu di RI itu menyatakan bela sungkawa atas meninggalnya eks Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Menurut Jokowi, Abe adalah pemimpin Jepang yang membawa hubungan kedua negara menjadi kemitraan strategis.

Jokowi dan delegasi tiba di Jepang pada Rabu dini hari. Mereka ke Tokyo usai melawat ke China untuk bertemu Presiden Xi Jinping.

Setiba di Negeri Sakura, Jokowi disambut PM Kishida yang sudah menunggu di halaman depan kantornya. Setelah kedua pemimpin berada di mimbar kehormatan, lagu kebangsaan masing-masing negara mengalun.

Dalam sambutannya, Kishida menyampaikan apresiasi atas kedatangan Jokowi dan rombongan ke Jepang. "Selamat datang di Jepang, saya sangat mengapresiasi kedatangan Presiden Jokowi sebagai ketua G20. Terima kasih juga atas sambutan hangatnya saat saya ke Indonesia akhir April lalu," tutur Kishida.

Kishida juga menyampaikan terima kasih atas ucapan belasungkawa Jokowi dan masyarakat Indonesia kepada Shinzo Abe. "Kami akan terus membela demokrasi dan melanjutkan kerja almarhum untuk memperkuat hubungan baik dan kerja sama dengan Indonesia," ucap Kishida lagi.

Setelah selesai melakukan pertemuan bilateral dengan Kishida, Jokowi akan melanjutkan lawatannya ke Korea Selatan untuk bertemu Presiden Yoon Seok-yeol.

Share this post

Sign in to leave a comment