Jepang Alami Cuaca Dingin Ekstrem

27 January 2023 - 20:45 WIB
cnnindonesia

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Cuaca dingin ekstrem di Jepang saat ini tercatat menjadi yang terdingin sejak 1977. Rekor suhu terendah dicatat di sejumlah lokasi, termasuk Kumamoto Selatan yang mencapai -9 derajat Celsius.

"Suhu ini termasuk yang terdingin pernah kami lihat dalam satu dekade," ungkap Pejabat Badan Meteorologi Jepang Takafumi Umeda.

Baca juga :Indonesia Dukung Gambia Tuan Rumah KTT OKI

Sementara itu, dikonfirmasi satu orang meninggal dunia akibat cuaca dingin ekstrem yang terjadi di Jepang. Hal tersebut disampaikan Juru bicara pemerintah Hirokazu Matsuno pada Kamis (26/1/23) dilansir dari laman cnnindonesia.

Seperti diberitakan AFP, Juru bicara pemerintah Hirokazu Matsuno mengungkapkan, sesungguhnya ada dua kematian lainnya. Namun, membutuhkan waktu untuk menyelidiki kematian itu akibat cuaca dingin ekstrem atau tidak.

Kondisi cuaca ekstrem yang terjadi di Jepang ini membuat gangguan perjalanan karena berpotensi badai salju, gelombang tinggi hingga jalan yang tertutup salju.

Ratusan penerbangan Jepang dibatalkan karena badai salju. Penundaan dan pembatalan juga terjadi pada layanan kereta api lokal dan kereta jarak jauh Shinkansen. Beberapa kendaraan di jalan utama beberapa lokasi juga terlantar.

(bg/hn/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment