Gempa Magnitudo 6,6 Guncang Kepulauan Izu, Jepang

5 October 2023 - 13:32 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Gempa berkekuatan magnitudo 6,6 terjadi di dekat Samudera Pasifik pada Kamis hari ini siang waktu setempat. Gempa bumi tersebut dilaporkan memicu Kepulauan Izu di Jepang berada di bawah peringatan tsunami.

"Badan Meteorologi Jepang (Japan Meteorological Agency) mengatakan gempa bumi itu terjadi sekitar pukul 11:00 pada hari Kamis di kedalaman 10 kilometer dekat Pulau Torishima di rantai Kepulauan Izu, yang merupakan bagian dari Tokyo," tulis situs berita Jepang NHK, dilansir dari liputan6, Kamis (5/10/23).

Badan Meteorologi Jepang melaporkan mengeluarkan peringatan tsunami pada pukul 11:06. Gelombang tsunami setinggi satu meter diperkirakan akan melanda pulau-pulau tersebut pada pukul 11.30.

Masyarakat diimbau menjauhi pantai dan muara sungai. Beberapa perubahan tingkat pasang surut juga diperkirakan terjadi di sepanjang pantai Pasifik di pulau-pulau utama Jepang.

Baca Juga:  BMKG Prediksi Musim Kemarau Berakhir di Akhir Oktober

Peringatan tsunami tersebut merupakan tingkat terendah kedua dari sistem peringatan empat tahap, meminta masyarakat di pulau-pulau dalam rantai Izu, yang membentang ke selatan dari wilayah Tokyo di pulau utama Jepang, Honshu, untuk menjauh dari pantai dan muara sungai.

Gempa bumi Jepang terkini tersebut tidak terasa di Kepulauan Izu atau di wilayah Tokyo, namun badan meteorologi memperingatkan tsunami setinggi 1 meter (3,2 kaki) dapat mencapai wilayah pesisir kepulauan tersebut.

Tsunami kecil dengan ketinggian sekitar 30 cm (1 kaki) teramati di daerah Yaene di Pulau Hachijo, kata badan tersebut. Jepang adalah salah satu tempat paling rawan gempa di dunia.

Gempa besar pada tahun 2011 menyebabkan tsunami yang menghancurkan sebagian besar wilayah utara Jepang dan menyebabkan kehancuran di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment